Show simple item record

dc.contributor.authorRifa'i, Ahmad
dc.date.accessioned2016-09-28T01:58:25Z
dc.date.available2016-09-28T01:58:25Z
dc.date.issued2007
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/252
dc.description.abstractKebutuhan sumber daya manusia yang berkualitas dan berbasis syariah sekarang ini banyak dibutuhkan karena sekarang ini banyak bermunculan bank-bank ataupun lembaga-lembaga yang berbasis syariah. Hal ini seharusnya menjadifaktor pendukung bagi jurusan EkonomiIslam Fakultas IlmuAgama Islam Universitas Islam Indonesia dalam menjaring calon mahasiswa untuk meneruskan pedidikannya di sana. Namun pada kenyataannya mahasiswa jurusan Ekonomi Islam mengalami penurunan dari tahun ke tahun. Analisisfaktor adalah analisis yang digunakan untuk mereduksi data variabel manifest (penelitian) menjadi sejumlah kecil variabel baru (faktor) yang mampu mempunyai sifat menerangkan semaksimal mungkin keragaman data (variansi) dan antar faktor yang ada tidak soling berkorelasi. Dalam penelitian ini, analisis faktor digunakan untuk mencari faktor-faktor yang memotivasi calon mahasiswa untuk memilih jurusan Ekonomi Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia, dengan menggunakan 5 variabel yang diduga menjadi motivasi calon mahasiswa untuk memilih jurusan Ekonomi Islam. Pengukuran dilakukan dengan mengadakan uji kuesioner dengan skala like likert (sangat setuju, setuju, tidak setuju, sangat tidak setuju). Dari pengolahan data diperoleh 2 faktor yaitu faktor dorongan keluarga dan informasi dari brosur dan faktor prospek jurusan dan nama besar Universitas Islam Indonesia. Kedua faktor tersebut terbentuk dari berdasarkan nilai eigenvalue yang lebih dari 1 yaitu terbentuk 2 faktor dengan nilai variansi faktor pertama sebesar 56.445% dan faktor kedua sebesar 16.121%. Sehingga variansi yang disumbangkan dari keduafaktor sebesar 71.00%, Dari kedua faktor yang terbentuk terdapat faktor yang mempunyai pengaruh besar dalam memotivasi mahasiswa untuk memilih masuk jurusan Ekonomi Islam Fakultas IlmuAgama Islam Universitas Islam Indonesia yaitu karenafaktor dorongan keluarga dan informasi dari brosur karena mempunyai skor faktor sebesar 2.978, dibandingkan dengan factor prospek jurusan dan nama besar Universitas Islam Indonesia dengan skorfaktor sebesar 2.668.en_US
dc.publisherUII Yogyakartaen_US
dc.subjectAnalisis Faktoren_US
dc.subjectvariansien_US
dc.subjectskor faktoren_US
dc.titleAnalisis Faktor-Faktor yang Memotivasi Calon Mahasiswa untuk Memilih Jurusan Ekonomi Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesiaen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record