Analisis Faktor-Faktor yang Memotivasi Calon Mahasiswa untuk Memilih Jurusan Ekonomi Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia
Abstract
Kebutuhan sumber daya manusia yang berkualitas dan berbasis syariah
sekarang ini banyak dibutuhkan karena sekarang ini banyak bermunculan bank-bank
ataupun lembaga-lembaga yang berbasis syariah. Hal ini seharusnya menjadifaktor
pendukung bagi jurusan EkonomiIslam Fakultas IlmuAgama Islam Universitas Islam
Indonesia dalam menjaring calon mahasiswa untuk meneruskan pedidikannya di
sana. Namun pada kenyataannya mahasiswa jurusan Ekonomi Islam mengalami
penurunan dari tahun ke tahun.
Analisisfaktor adalah analisis yang digunakan untuk mereduksi data variabel
manifest (penelitian) menjadi sejumlah kecil variabel baru (faktor) yang mampu
mempunyai sifat menerangkan semaksimal mungkin keragaman data (variansi) dan
antar faktor yang ada tidak soling berkorelasi. Dalam penelitian ini, analisis faktor
digunakan untuk mencari faktor-faktor yang memotivasi calon mahasiswa untuk
memilih jurusan Ekonomi Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam
Indonesia, dengan menggunakan 5 variabel yang diduga menjadi motivasi calon
mahasiswa untuk memilih jurusan Ekonomi Islam. Pengukuran dilakukan dengan
mengadakan uji kuesioner dengan skala like likert (sangat setuju, setuju, tidak setuju,
sangat tidak setuju).
Dari pengolahan data diperoleh 2 faktor yaitu faktor dorongan keluarga dan
informasi dari brosur dan faktor prospek jurusan dan nama besar Universitas Islam
Indonesia. Kedua faktor tersebut terbentuk dari berdasarkan nilai eigenvalue yang
lebih dari 1 yaitu terbentuk 2 faktor dengan nilai variansi faktor pertama sebesar
56.445% dan faktor kedua sebesar 16.121%. Sehingga variansi yang disumbangkan
dari keduafaktor sebesar 71.00%, Dari kedua faktor yang terbentuk terdapat faktor
yang mempunyai pengaruh besar dalam memotivasi mahasiswa untuk memilih masuk
jurusan Ekonomi Islam Fakultas IlmuAgama Islam Universitas Islam Indonesia yaitu
karenafaktor dorongan keluarga dan informasi dari brosur karena mempunyai skor
faktor sebesar 2.978, dibandingkan dengan factor prospek jurusan dan nama besar
Universitas Islam Indonesia dengan skorfaktor sebesar 2.668.
Collections
- Industrial Engineering [2220]