Hubungan Antara Persepsi Terhadap Kualitas Layanan Kesehatan dan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara persepsi terhadap kualitas layanan kesehatan dan kepuasan pada pasien di Rumah Sakit. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara persepsi terhadap kualitas layanan kesehatan dan kepuasan pada pasien di Rumah Sakit. Responden dalam penelitian ini adalah 107 pasien rawat jalan dengan rentang usia antara 1580 tahun. Skala yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu skala persepsi kualitas layanan kesehatan yang mengacu pada teori Parasuraman (1988) dengan nilai a=0,947. Dan skala kepuasan pasien yang mengacu pada teori Lupiyoadi (2006) dengan nilai dengan a=0,918. Metode analisis data menggunakan teknik Product Moment dari Spearman. Hasilnya menunjukan ada hubungan positif antara persepsi terhadap kualitas layanan kesehatan dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit dengan koefisien korelasi r sebesar 0.419 (p=0,000). Semakin tinggi persepsi terhadap kualitas layanan kesehatan yang di berikan oleh Rumah Sakit, maka semakin tinggi pula kepuasan yang dirasakan oleh pasien. Sebaliknya, semakin rendah persepsi terhadap kualitas layanan kesehatan yang diberikan Rumah Sakit maka semakin rendah pula kepuasan yang dirasakan pasien. Dengan demikian hipotesis diterima.
Collections
- Psychology [2178]