Analisis Pengaruh Religiusitas, Sikap Ramah Lingkungan, Norma Subjektif dan Identitas Diri Ramah Lingkungan terhadap Minat Beli Produk Hijau: Studi pada Mahasiswa UII
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh religiusitas intrinsik terhadap sikap ramah lingkungan, kesediaan untuk membeli produk hijau, norma subjektif dan identitas ramah lingkungan serta 3 variabel lain (sikap ramah lingkungan, norma subjektif dan identitas ramah lingkungan) terhadap kesediaan membeli produk hijau. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Islam Indonesia. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 203 orang yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner. Data dianalisis menggunakan analisis SEM dan perhitungan data menggunakan software AMOS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel religiusitas intrinsik berpengaruh positif terhadap sikap ramah lingkungan, kesediaan untuk membeli produk hijau, norma subjektif, identitas ramah lingkungan serta 3 variabel yang lain (sikap ramah lingkungan, norma subjektif, identitas ramah lingkungan) berpengaruh positif terhadap kesediaan membeli produk hijau.
Collections
- Management [4524]