Show simple item record

dc.contributor.advisorNadia Wasta Utami
dc.contributor.authorSawung Fahriansyah Hendarto, 15321190
dc.date.accessioned2020-09-04T08:06:00Z
dc.date.available2020-09-04T08:06:00Z
dc.date.issued2020-02-27
dc.identifier.urihttp://dspace.uii.ac.id/123456789/23739
dc.description.abstractHendarto, S.F. (2019). Analisis Kepuasan Pengguna pada Media atau Platform Penyedia Tiket Aplikasi TIX ID di Yogyakarta dengan Pendekatan TAM (Technology Acceptance Model). (Skripsi Sarjana) (Skripsi Sarjana). Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Universitas Islam Indonesia. Peneliti telah melakukan pengamatan dan observasi terkait dengan fenomena sosial di masyarakat yaitu dengan maraknya penggunaan aplikasi TIX ID di Yogyakarta.Fenomena sosial dalam pembelian tiket bioskop melalui online tersebut lebih ramai dipadati pada konter tiket dibandingkan dengan pembelian tiket bioskop secara manual. Untuk itu peneliti ingin melakukan penelitian lebih dalam terkait dengan faktor kepuasan dari pembelian tiket bioskop secara online melalui media atau platform penyedia tiket bioskop Aplikasi TIX ID. Dalam studi penelitain yang dipraktikkan sebelumnya upaya tersebut mengindikasikan kepada kepuasan pengguna dengan objek penelitian yang berbeda, dengan penelitian ini khususnya untuk melihat dan mengetahui persepsi masyarakat di Yogyakarta dalam menerima hadirnya konvergensi teknologi dalam aktivitas menonton film di bioskop yang mengacu pada implementasi terhadap Analisis Kepuasan Pengguna pada Media atau Platform Penyedia Tiket Aplikasi TIX ID di Yogyakarta dengan Pendekatan TAM (Technology Acceptance Model) dengan menggunakan pendekatan tersebut peneliti dapat menentukan dan mengetahui faktor yang menjadi kepuasan pengguna Aplikasi TIX ID melalui metode analisis kualitatif. Penelitian ini telah menghasilkan beberpa temuan penting diantaranya, dengan melalui TAM (Technologi Acceptance Model), dengan Perceived Ease of Use pengguna aplikasi TIX ID di Yogyakarta telah menerima hadirnya teknologi informasi dalam bentuk kemudahan mengakses aplikasi TIX ID dimanapun dan kapanpun. Kemudian melalui Perceived Usefulness pengguna merasakan manfaat yang diperoleh dalam bentuk pengguna lebih menghemat waktu dengan adanya diskon tiket dan pre order, sehingga pengguna tidak khawatir kehabisan tiket. Kemudian pengguna aplikasi TIX ID dalam tahapan Attitude Toward Using telah meyakini dan menerima bahwa aplikasi TIX ID memberikan kemudahan dan manfaat, sebagian lai perlu merecall dari apa yang telah dilihat sepelumnya melalui iklan dan menerima sebagai bentuk kebutuhan. Selanjutnya tahapan Behavioral Intention of Use pengguna secara intensif kembali menggunakan aplikasi TIX ID atas dasar menjadi bagian dari kebutuhan dan merubah alur pembelian tiket dari manual ke digital berbasis aplikasi, selain itu juga disebabkan pembelian tiket Pre Order dan diskon tiket.Kemudian pada Actual System Usage pengguna telah memperoleh kemudahan dan manfaat dalam membeli tiket bioskop menggunakan aplikasi dengan adanya diskon tiket dan pre order dan telah meningkatkan produktifitasnya 2 sampai 3 kali seminggu. Faktor pendorong kepuasan pengguna terletak pada aplikai TIX ID yang dapat diakses secara mobile. Tampilan informasi layanan pada aplikasi TIX ID yang mudah dipahami dan sederhana dengan informasi yang dibutuhkan pengguna, promosi melalui instagram dan aplikasi TIX ID, penawaran ragam diskon tiket dan pembelian secara pre order. Proses transaksi dalam pembelian tiket yang efisien, mudah dan cepat. Kemudian faktor penghambat terletak pada keluhan aplikasi TIX ID yang sering error dan berdampak pada proses e-ticketing, Keluhan biaya layanan yang mahal bila dikalkulasikan dengan banyaknya jumlah tiket yang terbeli.hal tersebut tidak berdampak terhadap kepuasan secara signifikan karena pengguna berfokus pada kebutuhan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectTAM (Technology Acceptance Model)en_US
dc.subjectTeknologien_US
dc.subjectAplikasi, Kepuasanen_US
dc.titleAnalisis Kepuasan Pengguna pada Media atau Platform Penyedia Tiket Film Aplikasi Tix ID di Yogyakarta dengan Pendekatan TAM (Technology Acceptance Model)en_US
dc.Identifier.NIM15321190


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record