Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengembangan Layanan Baru dan Pengaruhnya terhadap Kinerja (Studi Empiris pada Industri Hotel di Yogyakarta)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pengembangan layanan baru dan pengaruhnya terhadap kinerja. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh manajer hotel di Yogyakarta. Jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 100 manajer hotel di Yogyakarta. Data primer pada penelitian ini dikumpulkan menggunakan kuesioner, sedangkan data sekunder pada penelitian ini berasal dari literatur-literatur yang mendukung topik penelitian. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan aplikasi AMOS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orientasi pelanggan memiliki dampak positif dan signifikan dengan pengembangan layanan baru, orientasi pembelajaran memiliki dampak positif dan signifikan dengan pengembangan layanan baru, sikap manajerial terhadap perubahan memiliki dampak positif dan signifikan dengan pengembangan layanan baru, proses dan penilaian pengembangan layanan baru memiliki dampak positif dan signifikan dengan pengembangan layanan baru, serta pengembangan layanan baru memiliki dampak positif dan signifikan dengan kinerja perusahaan yang diukur berdasarkan pencapaian finansial, pencapaian daya saing dan pencapaian kualitas.
Collections
- Management [4551]