PENGARUH BRAND IMAGE DAN PRODUCT FEATURE SABUN MANDI LUX TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN Studi Kasus Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia
Abstract
Penelitian ini mengambil judul Analisis Pengaruh Brand Image, Product
Feature Sabun Mandi Lux Terhadap Loyalitas konsumen dengan mengambil lokasi
di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Penelitian ini
menggunakan dua variabel, yaitu variabel bebas yang terdiri dari brand Image dan
product feature sedangkan variabel terikatnya adalah loyalitas konsumen.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara brand
image dan product feature sabun mandi Lux terhadap loyalitas konsumen, serta
untuk mengetahui variabel apakah yang paling berpengaruh terhadap loyalitas
konsumen.
Uji validitas dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi product
moment dari Pearson dan uji reliabilitas dengan rumus koefisien alpha cronbach.
Sebelumnya kuesioner disebar dan diujikan kepada 100 orang responden dan
kemudian diuji dengan program komputer SPSS 13.00 dengan hasil valid dan
reliabel.
Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa secara simultan variabel
bebas yang terdiri dari brand image, product feature berpengaruh secara signifkan
terhadap loyalitas konsumen pada produk sabun mandi Lux. Namun dengan hasil
secara parsial hanya product feature yang berpengaruh secara signifikan terhadap
loyalitas konsumen, dan product feature merupakan variabel yang paling dominan
berpengaruh terhadap loyalitas konsumen.
Collections
- Management [4548]