dc.description.abstract | Pada saat ini konsumen semakin kritis terhadap produk air minum dalam kemasan
yang ditawarkan, sehingga produk yang dijual harus mempunyai kriteria yang dapat
memberikan kepuasan terhadap konsumen. Selain kualitas ada atribut yang lain yang
harus diberikan, seperti kelengkapan layanan, harga, kualitas, serta sistem distribusi pasar
yang baik. Dengan banyaknya produk sejenis yang bermunculan di pasar, perusahaan air
minum mineral QANNAT yang diproduksi oleh PT. Subak Bina Utama telah memiliki
keunggulan dibanding produk sejenis dari perusahaan lain. Hal ini dibuktikan dengan
telah lolos ujinya produk air minum mineral QANNAT yang diproduksi PT. Subak Bina
Utama oleh lembaga yang telah dapat dipercaya seperti UGM, UII, AKPRIND, dan
Pemerintah Kabupaten Sleman, selain itu juga dengan harga yang lebih terjangkau oleh
konsumen, promosi yang gencar, serta telah teruji higienis. Dalam skripsi ini penulis
membahas tentang strategi apa yang harus diterapkan oleh PT. Subak Bina Utama untuk
bisa bertahan di tenszah-tengah ketatnva persaingan . Dengan judul skripsi "STRATEGI
PEMASARAN PERUSAHAAN AIR"fvIINUM DALAM KEMASAN "QANNAT" PT.
SUBAK BINA UTAMA. YOGYAKARTA". Tujuan dari skripsi ini adalah untuk
mcnentukan posisi bisnis PT Subak Bina Utama dalam persaingan dan untuk menetapkan
strategi vang dilakukan oleh PT Subak Bina Utama. Penulis menggunakan Analisis
SWOT sebagai alat analisis data dalam skripsi ini. Hasil penelitian dan abnalisis tersebut
bahwa posisi bisnis PT Subak Bina Utama berada pada posisi ada pada Kuadran 1,
denszan matrik IFAS yang memiliki total bobot dikalikan dengan niku sebesar 2.287
sedangkan untuk Matrik EFAS memiliki total bobot dikalikan dengan nilai sebesar 3.199
sehingga disimpulkan bahwa hasil Matrik IFAS dan EFAS adalah positif. Dari hasil
analisis tersebut dapat dirumuskan strategi yang tepat untuk diterapkan oleh PT Subak
Bina Utama adalah strategi S-0 (Strength- Opportunity) yaitu strtegi vang dibuat
berdasar jalan pikiran perusahaan dengan mengoptimalkan seluruh kekuatan (strength)
untuk memanfaatkan peluang (opportunity) yang ada demi menunjang keberhasilan
perusahaan. | en_US |