dc.description.abstract | Penelitian dengan judul "Analisis Efektivitas Iklan Televisi "Pond's Oil
Control Lightening Moisturizer dan Olay Total White" Dengan Menggunakan
Consumer Decision Model (CDM)" ini mecoba mengukur tingkat keefektivan
iklan Pond's Oil Control Lightening Moisturizer dan Olay Total White.
Ada beberapa masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini. Pertama,
Pengaruh antar variabel secara langsung yaitu pesan iklan, sikap konsumen, dan
keyakinan konsumen terhadap niat beli; pesan iklan terhadap pengenalan merek;
pesan iklan terhadap sikap konsumen; pesan iklan terhadap keyakinan konsumen;
pengenalan merek terhadap sikap konsumen; pengenalan merek terhadap
keyakinan konsumen. Kedua, Pengaruh beberapa variabel dependen terhadap
variabel dependen, yaitu pesan iklan, sikap konsumen, keyakinan konsumen
terhadap niat beli; sikap konsumen dan keyakinan konsumen terhadap niat beli;
pesan iklan dan sikap konsumen terhadap niat beli; pesan iklan dan keyakinan
konsumen terhadap niat beli; pesan iklan dan pengenalan merek terhadap sikap
konsumen; pesan iklan dan pengenalan merek terhadap keyakinan konsumen.
Dalam pengambilan sampel, penulis menggunakan cluster random
sampling dengan melalui dua tahap, yaitu tahap pertama dengan sample random
sampling (secara acak sederhana) dan tahap kedua dengan accidental sampling.
Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah konsumen potensial yang
bergender wanita dan yang sudah pemah melihat iklan Pond's Oil Control
Lightening Moisturizer dan Olay Total White di televisi. Sampel yang digunakan
sebesar 96 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
kuesioner dan sedikit wawancara.
Metode pengolahan data dan analisis menggunakan analisis regresi linear
sederhana dan berganda, uji koefisien determinasi (R2) dan uji asumsi klasik.
Sedangkan Pengujian hipotesis dengan Uji F dan Uji t dengan a 5%. Penulis
menggunakan alat bantu SPSS for windows versi 13 untuk pengolahan data.
Hasil penelitian untuk iklan Pond's Oil Control Lightening Moisturizer
dan Olay Total White menunjukkan bahwa: Pertama, secara keseluruhan variabel
yang berhubungan secara langsung berpengaruh positif Kedua, pengaruh
beberapa variabel independen terhadap variabel dependen, secara keseluruhan
memiliki pengaruh positif baik secara parsial maupun simultan, kecuali untuk
produk olay total white, pesan iklan dan pengenalan merek secara parsial
terhadap keyakinan konsumen tidak berpengaruh positif. | en_US |