Analisis Pengaruh Iklan terhadap Niat Beli Konsumen pada Produk Pembalut Wanita Merek Kotex dan Charm Body Fit Berdasarkan Consumer Decision Model (CDM) di Daerah Condong Catur Yogyakarta
Abstract
Rohmawati, Zuliana. (2006). Analisis Pengaruh Iklan Terhadap Niat Beli Konsumen
Pada Produk Pembalut Wanita Merek Kotex dan Charm Body Fit Berdasarkan
Consumer Decision model (CDM) di Daerah Condong Catur Yogyakarta.
Jogjakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia.
Perubahan pasar yang semakin kompetitif menjadi permasalahan pemasaran
yang dihadapi oleh perusahaan pada masa sekarang ini yakni masalah kegagalan
berkomunikasi. Kegagalan berkomunikasi sudah menjadi masalah tunggal, paling
umum dan paling universal yang saat ini sedang dihadapi. Salah satu bentuk
komunikasi yang sampai saat ini masih efektif dalam memasarkan produk adalah
iklan.
Industri pembalut wanita yang diposisikan sebagai produk khusus untuk
wanita telah mengalami pergeseran dan pasarnya tumbuh dengan pesat yang
berdampak pada struktur pasar dan industrinya sehingga tingkat persaingan yang
ditimbulkan semakin variatif dengan menonjolkan berbagai keunggulan kualitas dari
masing-masing merek yang ada. Salah satu iklan yang sering muncul ditelevisi dan
segmentasi pasarnya yang juga perlu diperhatikan adalah wanita, mereka memiliki
perbedaan dan keunikan tersendiri terhadap kebutuhan, keinginan, gaya hidup,
kepribadian dan jenis kulit. Oleh karena itu kegiatan ini dimaksudkan untuk
mempengaruhi niat beli konsumen untuk melakukan pembelian yang dilakukan
dengan menggunakan metode Consumer Decision Model (CDM) yang digunakan
untuk mengukur efektifitas iklan dan apa yang mempengaruhi mereka untuk
berperilaku. Metode ini terdiri dari enam komponen yang saling berhubungan pada
konsumen dalam berperilaku yaitu Pesan Iklan (F), Pengenalan Merek (B),
Keyakinan Konsumen, (C) Sikap Konsumen (A) Niat Beli (I), dan Pembelian (P).
Populasi penelitian adalah Responden yang pernah melihat iklan dan menggunakan
produk pembalut wanita merek Kotex dan Charm Body Fit di daerah Condong Catur,
Yogyakarta. Sampel yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah Accidental
Sampling. Penulis juga menyebarkan kuesioner kepada 96 responden.
Alat analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Sederhana dan Regresi
Linier Berganda yaitu untuk menentukan ada tidaknya pengaruh suatu atau beberapa
variabel terhadap variabel yang lain. Analisis korelasi parsial dan Analisis Korelasi
Koefisien Adjused R² yaitu analisa yang digunakan untuk mengetahui keeratan
hubungan antara suatu variabel dengan variabel lain.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif secara signifikan
antara variabel independent terhadap variabel dependen, baik terhadap Kotex maupun
Charm Body Fit. Namun disisi lain pengujian yang dilakukan terhadap niat beli
melalui mediator keyakinan konsumen dan sikap konsumen tidak dapat digunakan
pada Kotex, sebab variabel sikap konsumen tidak mendukung variabel keyakinan
konsumen untuk mempengaruhi niat beli.
Collections
- Management [4548]