Analisis Perbedaan Kepuasan Konsumen terhadap Atribut Pelayanan Rumah Sakit (Studi kasus di RSU Islam Harapan Anda Tegal)
Abstract
Skripsi ini berjudul Analisis Perbedaan Kepuasan Konsumen
Terhadap Atribut Pelayanan Rumah Sakit yang bertujuan untuk mengetahui
apakah terdapat perbedaan kepuasan konsumen di RSU Islam Harapan Anda
terhadap kualitas pelayanan (bukti langsung, keandalan, daya tanggap,
jaminan, dan emphati) berdasarkan karakteristik responden dan untuk
mengetahui apakah terdapat perbedaan kepuasan konsumen terhadap
kualitas pelayanan secara umum berdasarkan karakteristik respondennya.
Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif dan metode
kuantitatif. Hal ini bertujuan agar penelitian yang dihasilkan membuahkan
hasil yang lebih akurat, sehingga dapat dicari solusi yang tepat. Penelitian
statistik dilakukan dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS
11,5. populasi yang diteliti adalah konsumen yang menggunakan pelayanan
di RSU Islam Harapan Anda dengan teknik pengambilan sampel convience
sampling yaitu peneliti menseleksi anggota populasi yang paling mudah
untuk diperoleh informasi. Sampel yang digunakan sebanyak 100
responden.
Dalam penelitian ini, dengan uji yang dilakukan dengan Kruskal
Wain's Test dapat diketahui bahwa berdasarkan anaiisis perbedaan kepuasan
konsumen terhadap lima atribut kualitas pelayanan dari RSU Islam Harapan
Anda Tegal berdasarkan karakteristik respondennya menunjukkan terdapat
perbedaan kepuasan yang signifikan terhadap atribut kualitas pelayanan
hanya terbukti atau mendukung sebagian. Dari penelitian ini juga dapat
diketahui bahwa berdasarkan analisis perbedaan kepuasan konsumen
terhadap kualitas pelayanan jasa secara umum dari RSU Islam Harapan
Anda berdasarkan karakteristik respondennya menunjukkan tidak terdapat
perbedaan kepuasan yang signifikan.
Collections
- Management [4548]