Analisis Pengaruh Kepuasan Konsumen, Kompentensi Merek dan Image Perusahaan terhadap Loyalitas Konsumen Produk Pasta Gigi Merek Pepsodent di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tiga variabel
independen yang terdiri dari kepuasan konsumen, kompetensi merek dan
image perusahaan pembuat produk terhadap kesetiaan konsumen produk
pasta gigi Pepsodent di Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Data
penelitian diperoleh dari 94 mahasiswa Universitas Islam Indonesia
Yogyakarta yang tercatat masih aktif sampai dengan tahun 2004/2005.
Kuisioner penelitian terdiri dari 21 butir pertanyaan yang diukur dengan
skala Likert 5 point. Respon rate atau tingkat pengembalian adalah 90%
dengan total kusioner yang dapat diolah adalah 84,45%. Data dianalisis
dengan menggunakan analisis regresi berganda.
Penelitian ini menemukan beberapa hasil penting. Pertama, ada pengaruh
yang signifikan dari kepuasan konsumen, kompetensi merek dan image
perusahaan secara simultan terhadap kesetiaan konsumen produk pasta gigi
Pepsodent. Kedua, ada pengaruh yang signifikan dari kepuasan konsumen,
kompetensi merek dan image perusahaan secara parsial terhadap kesetiaan
konsumen produk pasta gigi Pepsodent dan yang ketiga adalah ditemukan
fakta bahwa kepuasan konsumen memiliki pengaruh yang paling dominan
terhadap kesetiaan konsumen.
Kata Kunci: Perilaku Pembelian, Analisis Regresi Berganda.
Collections
- Management [4548]