dc.contributor.author | Aulia Fajrin, 01311609 | |
dc.date.accessioned | 2020-07-23T14:14:14Z | |
dc.date.available | 2020-07-23T14:14:14Z | |
dc.date.issued | 2005 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/123456789/22964 | |
dc.description.abstract | Skripsi ini berjudul Pengaruh Kualitas Jasa PT. Kereta Api Indonesia
Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api Taksaka Jurusan Yogyakarta-Jakarta.
Penelitian ini dilakukan didalam kereta api Taksaka yang berangkat dari stsiun
Tugu Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kualitas
jasa yang diberikan dalam kereta api Taksaka dan seberapa besar tingkat kepuasan
penumpang setelah merasakan pelayanan (jasa). Penelitian ini dilakukan dengan
metode statistik dan deskriptif, hal ini bertujuan agar penelitian dapat memperoleh
hasil yang akurat, sehingga dapat dicari solusi yang tepat. Penilaian statistik
dilakukan dengan menggunakan instrument kuisioner, selanjutnya diolah dengan
menggunakan bantuan computer program SPSS. 12. Sedangkan populasi yang
diteliti adalah penumpang yang sedang melakukan perjalanan dengan
menggunakan kereta api Taksaka jurusan Yogyakarta-Jakarta. Sample yang
digunakan sebanyak 96 responden dengan metode convenience sampling. Metode
pengolahan dan analisis menggunakan analisis uji Wilcoxon untuk menguji
hipotesis mengenai perbedaan antara harapan dengan apa yang dirasakan
penumpang. Kemudian uji Rata-rata hitung digunakan untuk memberikan
peringkat kepada masing-masing butir pernyataan, sedangkan uji Regresi
Sederhana digunakan untuk menguji hipotesis mengenai pengaruh dimensi-dimensi
kualitas jasa terhadap kepuasan penumpang.
Melalui analisis yang dilakukan, secara keseluruhan pelayanan (jasa)
yang diberikan kereta api Taksaka kepada penumpang cukup berkualitas. Hal ini
dikarenakan terdapat perbedaan antara harapan dengan apa yang dirasakan
penumpang setelah menggunakan jasa tersebut. Kemudian atribut kemampuan
karyawan dalam menaggapi keluhan dan ketersediaan fasilitas dinilai sangat
mempengaruhi kepuasan penumpang. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Kualitas Jasa | en_US |
dc.subject | PT. Kereta Api Indonesia | en_US |
dc.subject | Kepuasan Penumpang | en_US |
dc.subject | Kereta Api Taksaka | en_US |
dc.subject | Jurusan Yogyakarta - Jakarta | en_US |
dc.title | Pengaruh Kualitas Jasa PT. Kereta Api Indonesia terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api Taksaka Jurusan Yogyakarta - Jakarta | en_US |