Analisa Strategi Pemasaran Citrouli Swalayan Yogyakarta
Abstract
Seiring dengan dunia usaha yang berkembang pesat, usaha jasa
perdagangan ritel pun mengalami kemajuan yang pesat pula. Jenis-jenis ritel
baru pun mulai bermunculan di Indonesia. Di Yogyakarta khususnya, bisnis
ritel dapat dijumpai dimana-mana. Persaingan yang semakin ketat ini
membuat para pelaku bisnis ritel mulai sadar akan pentingnya pemasaran,
khususnya strategi pemasaran yang harus diambil untuk menghadapi
lingkungan bisnis.
Sehubungan dengan itu, maka penulis mencoba membahas
permasalahan tersebut dengan mengambil subyek pada Citrouli Swalayan,
Yogyakarta. Dengan mengangkat persoalan mengenai kekuatan dan
kelemahan serta peluang dan ancaman dari Citrouli Swalayan, sehingga
dapat diketahui posisi bisnis saat ini dan strategi pemasarannya. Adapun
judul penelitian ini adalah "Analisa Strategi Pemasaran Citrouli Swalayan,
Yogyakarta"
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kekuatan kelemahan
dan peluang-hambatan Citrouli Swalayan, Yogyakarta dan untuk
mengevaluasi strategi pemasaran yang telah diterapkan serta untuk
memformulasikan strategi yang sebaiknya digunakan oleh Citrouli Swalayan
untuk menghadapi lingkungan bisnis di masa yang akan datang.
Penelitian ini dilakukan dengan metode kuesioner. Data diperoleh dari
hasil jawaban kuesioner danjuga informasi yang diperoleh dari perusahaan.
Metode analisis yang digunakan adalah Matiks Daya Tarik Industri (MDTI)
dan SWOT. Kedua analisis tersebut berusaha untuk menunjukkan posisi unit
bisnis pada saat ini dan alternatif strategi pemasaran yang sebaiknya
digunakan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa letak Citrouli Swalayan dalam
MDTI berada pada posisi kekuatan bisnis yang tinggi dan daya tarik industri
yang tinggi pula. Sedangkan berdasarkan analisis SWOT Citrouli Swalayan
berada dalam kuadran I yaitu merupakan situasi yang sangat
menguntungkan, dimana stategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini
adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif.
Sesuai dengan hasil analisis tersebut, maka implikasinya adalah bahwa
Citrouli Swalayan harus dapat mempertahankan dan meningkatkan lagi
kulitas pelayanannya dan ciri khas yang dimiliki, serta lebih memperhatikan
teknik visual dan display dalam penataan produk Selain itu Citrouli
swalayan dapat meningkatkan kegiatan promosinya, terutama jenis promosi
yang rendah biaya agar Citrouli Swalayan dapat terus berkembang dan siap
menghadapi lingkungan bisnis di masayang akan datang.
Kata kunci : Strategi Pemesaran, Faktor Internal, Faktor Eksternal MDTI
SWOT
Collections
- Management [4703]