Analisis Tingkat Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus di Bazar Swalayan)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menguji tingkat kualitas pelayanan terhadap
kepuasan konsumen yang berbelanja di Bazar Swalayan, serta mengtahui dimensi
kualitas apa saja yang dianggap penting oleh konsumen dalam berbelanja di Bazar
Swalayan. Analisis yang digunakan sebagai teknik untuk mengevaluasi elemen-elemen
itu adalah analisis Importance - Performance dengan diagram kartesius.
Dari hasil uji yang telah dilakukan menunjukkan bahwa sebagian besar
konsumen belum merasa puas terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh
Bazar Swalayan. Sedangkan dilihat dari atribut per item yang dianggap penting
oleh konsumen dan perlu mendapat prioritas adalah sarana dan prasarana yang
modern, tempat parkir yang luas dan nyaman, kesigapan dari karyawan serta
karyawan yang dapat dipercaya. Sedangkan dilihat dari dimensi yang ada, maka
hendaknya mampu mempertahankan dimensi tangible, responsiveness dan
reliability karena ketiga dimensi ini telah sesuai antara kinerja dan kepentingan.
Collections
- Management [4548]