dc.description.abstract | Dewasa ini ilmu perekonomian khususnya pemasaran berkembang sangat
pesat dalam berbagai bidang. Persaingan yang sangat ketat terutama bidang
perdagangan di dunia sudah marak sampai ekspor dan impor. Di tengah-tengah
persaingan ekonomi yang sangat ketat ini dan dengan tujuan perusahaan yang
jelas, maka kebutuhan akan air minum teh dalam botol semakin marak.
Kebutuhan ini tentunya dibarengi dengan kebutuhan konsumen yang ingin selalu
makanan siap saji. Karena itu setiap perusahaan akan selalu mengadakan
perubahan untuk peningkatan penjualan. Dengan persaingan yang ketat ini produk
minuman teh Fruitea dan Frestea selalu berusaha menawarkan yang terbaik untuk
konsumen yang pada akhirnya akan diharapkan akan membawa sikap yang baik
dan positif.
Seperti juga produk minuman teh Fruitea dan Frestea yang diproduksi
untuk segmen remaja, produk ini memiliki beberapa atribut diantaranya citarasa,
harga, kemasan, dan promosi. Dari keempat atribul produk tersebut salah satu
diantaranya sangat mempengaruhi konsumen untuk membeli. Apalagi studi
kasusnya di FE UII dimana mereka memiliki karakteristik berbeda diantaranya
jenis kelamin, usia, dan besar uang saku. Dan yang terpenting adalah salah satu
harus memiliki porsi yang lebih besar terhadap atribut produk sehingga penulis
tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul : "Perbedaan Sikap Konsumen
dalam Pembelian Fruitea dan Frestea" (Studi Kasus di Kalangan Mahasiswa-
Mahasiswi FE UII.
Dalam melakukan penelitian tersebut, diambil 101 responden sebagai
sampel dengan menggunakan indek sikap yang akan menunjukan atribut mana
yang paling mempengaruhi konsumen untuk membeli, setelah itu menggunakan
Analisis of Varians (Anova) untuk mengetahui perbedaan sikap konsumen
berdasar atribut dan metode analisis Kruskal-Wallis H yang akan menunjukan ada
tidaknya perbedaan sikap konsumen berdasarkan karakteristik konsumen.
Berdasarkan basil perhitungan sikap konsumen tersebut, untuk analisis indek
sikap diperoleh hasil perhitungan produk Fruitea memperoleh 3032 dan produk
Frestea memperoleh 2921 yang berarti konsumen lebih memilih produk Fruitea.
Untuk Analisis of Varians diperoleh hasil ada perbedaan sikap konsumen berdasar
atribut citarasa dan kemasan, dan tidak ada perbedaan sikap konsumen berdasar
atribut harga dan promosi.Sedangkan dari hasil analisis dengan Kruskal-Wallis H
dapat diketahui bahwa tidak ada perbedaan sikap konsumen dalam pembelian
Fruitea dan Frestea terhadap atribut berdasarkan jenis kelamin. Tidak ada
perbedaan sikap konsumen dalam pembelian Fruitea dan Frestea terhadap atribut
citarasa dan promosi berdasarkan usia, dan ada perbedaan sikap konsumen dalam
pembelian Fruitea dan Frestea terhadap atribut harga dan promosi berdasarkan
usia. Tidak ada perbedaan sikap konsumen dalam pembelian Fruitea dan Frestea
terhadap atribut kemasan dan promosi berdasarkan besar uang saku, dan ada
perbedaan sikap konsumen dalam pembelian Fruitea dan Frestea terhadap atribut
citarasa dan harga berdasarkan besar uang saku. | en_US |