Show simple item record

dc.contributor.authorR. Donny Firmansyah, 01311264
dc.date.accessioned2020-07-22T06:26:22Z
dc.date.available2020-07-22T06:26:22Z
dc.date.issued2005
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/22872
dc.description.abstractAntrian merupakan bagian dari kehidupan manusia sehari-hari. Antrian terbentuk bilamana banyaknya yang akan dilayani melebihi kapasitas layanan yang tersedia. Dalam banyak hal, penambahan jumlah layanan dapat dipenuhi untuk mengurangi antrian atau menghindari antrian yang terus membesar; namun demikian, biaya penambahan layanan dapat menyebabkan keuntungan berada di bawah taraf yang dapat diterima. Dipihak lain, antrian yang terlalu panjang dapat mengakibatkan kehilangan penjualan ataupun pelanggan. Karenanya, permasalahan muncul karena: terlalu banyak permintaan (pelanggan terlalu lama menunggu) dan terlalu sedikit permintaan (terlalu banyak waktu luang atau mengganggur). Dalam penelitian ini akan mengevaluasi sistem antrian pada BNI 46 Cabang Perintis Kemerdekaan Bandung, apakah sistem antrian yang digunakan saat ini sudah efektif?, dan menganalisa biaya fasilitas pelayanan dan biaya tunggu pelayanan. Biaya fasillitas pelayanan adalah biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk membuat fasillitas dalam sistem antrian sedangkan biaya tunggu pelayanan adalah biaya yang harus ditanggung nasabah (costumer) saatmengantri dalam sistem. Kedua biaya tersebut secara signifikan akan berpengaruh pada biaya total pelayanan, dan biaya total pelayanan diharapkan efektif dalam sebuah sistem antrian sehingga biaya yang ditanggung oleh perusahaan dan nasabah akan efektif juga, dan biaya total pelayanan dikatakan efektif ketika sistem antrian tidak terlalu padat atau efisien.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectEvaluasi Sistem Antrianen_US
dc.subjectBank Negara Indonesia 46en_US
dc.subjectCabang Perintis Kemerdekaan Bandungen_US
dc.subjectPeningkatan Efisiensi Pelayananen_US
dc.titleEvaluasi Sistem Antrian Bank Negara Indonesia 46 cabang Perintis Kemerdekaan Bandung Sebagai Upaya Peningkatan Efisiensi Pelayananen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record