Analisis Strategi Pemasaran Kain Sasirangan pada CV. Citra Sasirangan Banjarmasin
Abstract
Pemilihan Strategi Pemasaran pada Citra Sasirangan Banjarmasin sebagai
penelitian skripsi didasarkan pada ketertarikan penulis pada kain Sasirangan yang
merupakan kain khas dari Kalimantan Selatan dan Citra Sasirangan sebagai
perusahaan pengahasil Sasirangan yang sudah puluhan tahun bergelut dalam
bidang usaha kain Sasirangan.
Adapun tujuan penulis melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui
kekuatan dan kelemahan yang dimiliki Citra Sasirangan serta peluang dan
ancaman yang dihadapi perusahaan dalam pemasaran produknya.
Langkah-langkah metode penelitian penulis adalah meneliti variabel
eksternal dan internal Citra Sasirangan menggunakan analisis value-chain dan
analisis SWOT, kemudian melakukan pengamatan langsung ke perusahaan serta
memberikan kuisioner pada pihak manajemen perusahaan.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan analisis SWOT untuk
memberikan penilaian dari kuisoner yang telah diisi oleh pihak manjemen
perusahaan, guna menggambarkan secara jelas kekuatan, kelemahan, peluang
serta ancaman yang dihadapi perusahaan. Setelah didapatkan gambaran tentang
kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman perusahaan, kemudian dilakukan
penilaian dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif
dari metode analisis SWOT untuk melihat di kuadran manakah perusahaan
berada. Kemudian setelah tahu posisi perusahaan, baru bisa ditentukan strategi
pemasaran apa yang tepat untuk diterapkan oleh Citra Sasirangan.
Dari hasil penelitian yang diperoleh, dapat diketahui kekuatan Citra
Sasirangan meliputi: kualitas SDM, kualitas produk, distribusi produk, lokasi
perusahaan, kebijakan harga, dan citra produk. Sedangakan kelemahannya ada
pada logistik perusahaan. Adapun peluang yang dimiliki Citra Sasirangan
meliputi loyalitas pelanggan, perubahan selera konsumen, pertumbuhan pasar
sasirangan, meningkatnya daya beli konsumen, hambatan memasuki pasar, dan
persaingan harga sedangkan ancaman yang dihadapi perusahaan adalah adanya
pesaing baru yang potensial. Posisi Citra Sasirangan masuk dalam kudaran 1
yaitu berada pada posisi pertumbuhan, hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan
variabel eksternal (3,698) dan internal perusahaan (3,782).
Demikian yang dapat penulis uraikan hasil penelitian penulis mengenai
strategi pemasaran pada perusahaan Citra Sasirangan Banjarmasin.
Collections
- Management [4550]