Analisis Kepuasan Pengguna Jasa Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini mengambil judul "Analisis Kepuasan Pengguan Jasa Perpustakaan
Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta". Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui seberapa besar kepuasan para pengguna jasa perpustakaan
fakultas terhadap kinerja atau pelayanan yang telah diberikan oleh pihak perpustakaan.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden yang
merupakan pengguna jasa perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia.
Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel Tangible, Reliability, Responsiveness,
Assurance dan Emphaty. Untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna jasa
perpustakaan peneliti menggunakan metode survai kepuasan pengguna jasa terhadap
pelayanan yang telah diberikan oleh pihak perpustakaan. Alat yang digunakan untuk
mengumpulkan data adalah kuisioner. Kemudian dilakukan perhitungan dengan
menggunakan analisis selisih dan uji Z.
Dalam analisis data yang dilakukan, peneliti menggunakan bantuan komputer
program SPSS Ver. 11.0, dengan kuisioner yang terdiri 22 pertanyaan tentang harapan/
kepentingan pengguna jasa dan 22 butir pertanyaan tentang kinerja perpustakaan,
diperoleh kesimpulan bahwa secara keseluruhan para pengguna jasa perpustakaan
belum puas terhadap kinerja perpustakaan fakultas. Hal ini dibuktikan dari hasil penilain
para responden bahwa harapan para pengguna jasa lebih besar daripada kinerja yang
telah dilakukan pihak perpustakaan.
Terlebih lagi, para pengguna jasa belum merasa puas terhadap variabel daya
tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (emphaty) terutama pada item-item
yang berkenaan dengan kinerja karyawan (sumber daya manusia), maka pihak
manajemen perpustakaan perlu meningkatkan kualitas pelayanan para karyawan melalui
pelatihan-pelatihan yang berhubungan dengan kinerja sehari-hari mereka.
Collections
- Management [4539]