Pengukuran Kinerja KOKAPURA (Koperasi Karyawan Angkasa Pura) Avia Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta Dalam Tata Operasi Darat (Ground Handling) Menggunakan CPM
Abstract
Ground handling, sebagai penanganan pesawat pada saat di darat menjadi
hal yang penting bagi suatu perusahaan penerbangan agar pesawatnya dapat
beroperasi dengan baik. Kokapura Avia sebagai salah satu badan yang menangani
Ground handling di Bandara Adi Sutjipto. Dihadapi pada permasalahan
memenuhi waktu target konsumennya yaitu maskapai penerbangan untuk
melakukan ground handling tepat pada waktu yang ditentukan oleh para
maskapai.
Namun masih terjadi keterlambatan dalam penanganannya, sehingga
waktu target tidak dapat dicapai. Oleh karena itu penehtian dilakukan dengan
menggunakan metode CPM didukung dengan time study yang berusaha untuk
mengukur kinerja karyawan Kokapura Avia dalam menangani ground handling
tersebut. Penelitian dilakukan dengan cara observasi secra langsung
menggunakan alat bantu stopwatch dan data-data lainnya.
Hasil penilitian menunjukkan pengukuran standar yang dilakukan oleh
Kokapura Avia sudah baik namun masih terdapat kekurangan-kekurangan dan
pada realisasinya kurang diperhatikan sehingga tidak mampu untuk memenuhi
waktu target.
Saran penulis adalah, sesuai dengan pengukuran yang dilakukan
menggunakan CPM maka Kokapura Avia hendaknya memindahkan karyawan
yang terlalu banyak pada suatu bagian yang tidak berada pada jalur kritis untuk
dipindahkan ke bagian yang berada pada jalur kritis agar waktu penyelesaian
pekerjaan dapat lebih cepat.
Collections
- Management [4527]