Analisis Pengaruh Celebrity Endorsement terhadap Niat Membeli Produk Shampo Sunsilk
Abstract
Periklanan pada berbagai media saat ini sangat bersaing. Banyak
pemasang iklan menggunakan selebriti untuk meningkatkan keefektitan
iklannya. Para pemasang iklan percaya bahwa selebriti lebih mampu dan
kredibel untuk menarik perhatian konsumen. Beberapa penelitian juga
menekankan peran penting selebriti dalam meningkatkan keinginan konsumen
terhadap pembelian produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
penggunaan Inneke Koesherawati sebagai endoser dalam iklan Shampo
Sunsilk terhadap niat membeli oleh konsumen serta untuk mengetahui
diantara variable daya tarik, likability, trustworthiness, credibility-dan
expertise variable manakah yang paling dominant pengaruhnya terhadap niat
membeli konsumen terhadap produk Shampo Sunsilk.
Data primer dalam penelitian ini diambil dari sebuah kuisioner yang
diisi oleh 100 responden yang tinggal di Desa Salaman Kecamatan Salaman
Kabupaten Magelang. Para responden mengevaluasi daya torik, likabiIty,
trustworthiness, credibility dan expertise dan Inneke Koesherawati dalam
iklan tersebut. Semua data primer dianalisis dengan menggunakan regresi
berganda untuk mengetahui pengaruh dari variable-variabel tersebut terhadap
niat membeli. Dari hasil penelitian ini, terbukti bahwa variable daya tarik, likabilitry
trustworthiness, credibility dan expertise secara simultan mempengaruhi niat
membeli produk Shampo Sunsilk. Sedangkan secara parsial variable daya
tarik dan credibility mempengaruhi niat membeli konsumen secara signifikan
sedangkan variable likability, trustworthiness, dan expertise tidak
mempengaruhi niat membeli konsumen secara signifikan.
Collections
- Management [4608]