Preferensi Konsumen dalam Membeli Produk Kerajinan Logam dan Kuningan pada Perusahaan Kerajinan Logam Muda Tama Tumang Boyolali
Abstract
Sekarang ini Perusahaan kerajinan sudah mulai menjamur, dari
perusahaan yang berskala kecil maupun berskala besar. Untuk bisa masuk dalam
persaingan pasar dan sekaligus memenangkan persaingan, maka diperlukan
beberapa strategi pemasaran. Diantaranya dengan meningkatkan inovasi dan
kualitas barang, selain itu juga dilakukan pengamatan tentang konsumen. Dalam
penelitian ini dilakukan pengamatan tentang preferensi konsumen dalam membeli
produk kerajinan logam dan kuningan di perusahaan kerajinan logam Muda
Tama. Permasalahan yang akan diteliti adalah bagaimana hubungan antara
preferensi konsumen pada atribut pemasaran dengan karakteristiknya dan apakah
antara preferensi konsumen pada atribut pemasaran dengan karakteristiknya
menurut usia, jenis kelamin, tingkat pendapatan, jenis pekerjaan memiliki
hubungan yang erat. Metode yang digunakan untuk memecahkan permasalahan
yang ada ialah dengan Metode Analisis Chi-Square dan Koefisien Kontingensi.
Dari perhitungan dengan Chi-Square dan Koefisien Kontingensi diperoleh hasil
bahwa atribut pemasaran yang diteliti menunjukkan hasil signifikan, sehingga
dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara preferensi konsumen pada atribut
pemasaran dengan karakteristiknya menurut usia, jenis kelamin, tingkat
pendapatan dan jenis pekerjaan. Keeratan hubungan antara preferensi konsumen
pada atribut pemasaran dengan karakteristiknya untuk tiap atribut yang signifikan
berbeda ada yang erat dan cukup erat.
Collections
- Management [4527]