Motivasi Mahasiswa dalam Melakukan Pembelian Kartu Pra Bayar GSM di Jogjakarta
Abstract
Kemajuan di segala bidang sedikit banyak berpengaruh terhadap
kehidupan masyarakat. Disadari maupun tidak masyarakat dipaksa untuk
menyesuaikan diri, sehingga menyebabkan semakin banyak kebutuhan yang harus
dipenuhi oleh masyarakat. Kebutuhan tersebut akan membawa pengaruh terhadap
sikap dan penilaian masyarakat terhadap pihak atau produk yang akan dipilih guna
memenuhi kebutuhannya.
Perkembangan teknologi telekomunikasi seluler dari generasi pertama
AMPS, GSM disusul kemudian CDMA semakin memberikan berbagai berbagai
kemudahan bagi konsumen baik dari segi tarifyang dikenakan maupun fitur-fitur
yang diberikan. Perkembangan tersebut merubah sikap dan penilaian konsumen
terhadap suatu produk telekomunikasi selular dalam hal ini kartu telepon selular.
Perubahan sikap dan penilaian konsumen juga pada akhirnya merubah pola
persaingan perusahaan-perusahaan penyedia layanan operator telekomunikasi,
atas dasar hal tersebut maka perusahaan perlu mengetahui sikap dan penilaian
konsumen dalam hal ini motivasi konsumen dalam menggunakan kartu telepn
selular untuk memenangkan persaingan yang sedang terjadi.
Penelitian ini berjudul Motivasi Mahasiswa dalam Melakukan Pembelian
Kartu Pra Bayar GSM di Jogjakarta. Variabel motivasi konsumen yang diteliti dan
di analisis adalah harga perdana, tarif, kualitas layanan pelanggan, fasilitas,
kualitas sinyal, luas cakupan jaringan, dan siklus kartu prabayar GSM.
Hasil dari penelitian ini adalah, bahwa variabel motivasi yang paling
dominan mempengaruhi keputusan konsumen dalam menggunakan kartu telepon
selular adalah luas cakupan jaringan, sedangkan variabel motivasi yang paling
tidak mempengaruhi keputusan konsumen dalam menggunakan kartu telepon
selular adalah kualitas layanan pelanggan.
Collections
- Management [4548]