dc.description.abstract | Terjadi banyak perubahan dalam dunia bisnis di Indonesia saat ini, hal ini
disebabkan berbagai situasi yang terjadi, baik itu yang menyangkut internal
perusahaan maupun eksternal perusahaan. Terutama dari lingkungan eksternal
perusahaan yang tidak mudah diprediksi oleh pihak manajemen.
Indonesia pada pertengahan 1997 mengalami krisis ekonomi, kemudian
disusul oleh krisis multi dimensi yang menyebabkan banyak perusahaan mengalami
kesulitan dalam menjalankan usahanya. Banyak perusahaan yang mengalami
kebangkrutan.
Dewasa ini semakin banyaknya perusahaan otomotif yang mengembangkan
produknya di Indonesia. Dengan demikian akan memberikan kesempatan memilih
kepada konsumen produk mana yang sesuai dengan kemampuannya.
Variabel marketing mix untuk mengetahui pengaruh terhadap keputusan beli
konsumen dalam penelitian ini adalah produk, harga, promosi dan distribusi.
Populasi dari penelitian ini adalah pengguna sepeda motor Honda di dealer Tugu
Sekawan - AHASS 1820 di Kudus pada bulan Mei 2005 - Juli 2005. Populasi jumlah
sample penelitian sebanyak 100 orang
Karakteristik responden paling besar adalah dari pekerjaan responden pegawai
negeri , usia 30 tahun, dengan penghasilan Rp. 1.000.000,00 - Rp. 2.000.000,00,
sedangkan jenis sepeda motor yang dimiliki responden adalah jenis bebek.
Dari penelitian yang telah dilakukan dapat diperoleh bahwa variable harga
sebesar 0,421 paling berpengaruh terhadap keputusan beli konsumen sepeda motor
Honda di dealer Tugu Sekawan - AHASS 1820 di Kudus dan yang paling kecil
adalah variable distribusi yaitu sebesar 0,132.
Dilihat dari hasil penelitian ini maka pihak manajemen dari perusahaan Dealer
Tugu Sekawan- AHASS 1820 lebih memperhatikan variabel marketing mix, agar
dealer Tugu Sekawan - AHASS 1820 dapat lebih berkembang dan meningkatkan
kualitas dan pelayanan yang telah dimiliki. | en_US |