Pengaruh Atribut Marketing Mix dengan Perilaku Konsumen PT. Batik "Danar Hadi" di Surakarta
Abstract
Kondisi ekonomi yang tidak menentu memunculkan iklim persaingan
tajam diantara para pelaku usaha. Sehingga diperlukan kecermatan dalam
mempertahankan market share yang berhasil dijaring, dan juga dalam merebut
pasar yang lebih luas. Disini diperlukan pemahaman tentang kondisi pasar beserta
kebutuhannya, sehingga dapat dengan tepat memilih strategi pemasaran yang
diterapkan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada/tidak hubungan yang
signifikan antara atribut marketing mix yang terdiri dari produk, harga,
tempat/distribusi, dan promosi dengan karakteristik konsumen berdasarkan jenis
kelamin, usia, jenis pekerjaan, tingkat pendapatan, dan tingkat pendidikan.
Disamping itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hubungan yang ada
yang paling kuat/erat antara atribut marketing mix PT. Batik Danar Hadi
Surakarta dengan karakteristik konsumen. Hipotesis yang diajukan disini diduga
bahwa harga dengan pendapatan konsumen mempunyai hubungan signifikan yang
paling kuat.
Dalam pengumpulan datanya digunakan teknik interview, kuisioner, dan
observasi. Sampel diambil dengan metode convenience sampling, berjumlah 100
responden, yang populasinya adalah pengunjung toko Danar Hadi di Jalan
Rajiman. Untuk mengetahui validitas data digunakan rumus korelasi Product
Moment, dan untuk reliabilitasnya digunakan metode Alpha Cronbach. Untuk
mengetahui adanya signifikansi digunakan analisa Chi Square dengan dibantu
program SPSS, dan untuk mengetahui derajat keeratan hubungan tersebut
digunakan alat analisa Koefisien Kontingensi.
Kesimpulan yang dapat dikemukakan adalah ada hubungan yang
signifikan antara harga dengan usia (X2hitung 26.712 > X2 tabel 26.296), harga
dengan pendapatan (X2 hitung 50.865 > X2tabel 21.026), dan produk dengan
pendidikan (X2 hitung 21.847 > X2 tabel 16.919). Sementara itu harga dengan
pendapatan mempunyai hubungan yang paling kuat/erat, yaitu dengan selisih
paling kecil antara C dengan C max sebesar 0,285. Dengan demikian hipotesis yang
diajukan terbukti kebenarannya. Kemudian diikuti dengan hubungan antara
produk dengan pendidikan dengan nilai selisih 0,443, lalu hubungan antara harga
dengan usia dengan selisih 0,435.
Collections
- Management [4703]