Motivasi Konsumen dalam Pembelian Sepeda Motor Honda Tiger 2000 di Kodya Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh atau
hubungan antara motivasi konsumen dengan keputusan pembelian, dan
mengetahui motivasi yang paling dominan mempengaruhi konsumen dalam
keputusan pembelian sepeda motor Honda Tiger 2000. Populasi yang digunakan
dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang mempunyai sekaligus
pemakai sepeda motor Tiger 2000 di kodya yogyakarta . Sampel penelitian ini
adalah 105 konsumen yang dianggap telah cukup mewakili populasi yang diteliti.
Dan variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah : harga, kualitas, layanan
purna jual, model / bentuk, serta harga diri. Teknik penarikan sampel
menggunakan "Convinience Sampling". Model analisis yang digunakan dalam
penelitian ini adalah Analisis Regresi Linier Berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar konsumen
termotivasi untuk membeli sepeda motor Honda Tiger 2000 karena atribut yang
ada telah sesuai dengan apa yang dimiliki oleh sepeda motor Honda Tiger 2000.
Hasil ini dapat dibuktikan bahwa sebagian besar tingkat pengaruh / hubungan
antara motivasi dengan keputusan pembelian sebesar 100% yang menunjukkan
bahwa konsumen telah termotivasi untuk membeli sepeda motor Honda Tiger
2000. Berdasarkan hasil analisis regresi menunjukkan bahwa terdapat hubungan
yang signifikan antara motivasi konsumen dengan keputusan pembelian
berdasarkan kualitas, layanan purna jual, model / bentuk, dan harga diri. Hal
tersebut berarti bahwa semakin setuju konsumen terhadap atribut diatas maka
semakin setuju pula konsumen untuk membeli. Sedangkan motivasi konsumen
dengan keputusan pembelian berdasarkan harga menunjukkan hasil yang tidak
signifikan hal ini berarti motivasi berdasarkan harga bukan dijadikan sebagai
pertimbangan yang berarti. Untuk hasil korelasi parsial model / bentuk
mempunyai nilai yang paling tinggi diantara atribut - atribut lain yang artinya
bahwa model / bentuk merupakan motivasi utama yang dijadikan pertimbangan
dalam pembelian sepeda motor Honda Tiger 2000.
Dari hasil penelitian juga didapatkan saran bagi perasahaan / produsen
produk sepeda motor Honda Tiger 2000, bahwa atribut yang model / bentuk
merupakan atribut yang paling dominan, maka model / bentuk perlu
dipertahankan dan ditingkatkan karena segmen terbesar konsumen yang
menggunakan produk ini adalah kalangan muda yang lebih tertarik dengan bentuk
sporty dan terkesan gagah.
Collections
- Management [4550]