dc.description.abstract | Penelitian ini ingin menganalisis motivasi kosumen dalam berbelanja di
Goro Assalaam Surakarta. Atribut yang diteliti meliputi harga, kenyamanan,
fasilitas, hadiah, keamanan, kebersihan, lokasi dan pelayanan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengatahui apakah terdapat perbedaan pemilihan atribut yang
memotivasi konsumen untuk berbelanja di Goro Assalaam Surakarta berdasarkan
karakteristik demografi yaitu gender, usia, dan penghasilan dan atribut mana yang
paling dominan berdasarkan karakteristik demografisnya.
Sampel penelitian adalah konsumen Goro Assalaam yang sedang
berbelanja yaitu sebanyak 96 orang. Metode analisis yang digunakan adalah
analisis deskriptif dan analisis chi square.
Hasil penelitian diketemukan tidak terdapat perbedaan yang signifikan
pada atribut-atribut yang memotivasi konsumen berbelanja di Goro Assalaam
Kartasura berdasarkan usia. Berdasarkan gender dan penghasilan, terdapat
persamaan pemilihan atribut-atribut yang memotivasi konsumen untuk berbelanja
di Goro Assalaam berdasarkan karakteristiknya. Pria dan tingkat penghasilan
diatas Rp 2.500.000 mempunyai kecenderungan sama dalam pemilihan atibut
utama yang dapat memotivasi mereka dalam berbelanja, yaitu kenyamanan.
Sedangkan untuk wanita dengan tingkat penghasilan kurang dari Rp 1.500.000
dan antara Rp1.500.000 sampai 2.400.000 mempunyai kecenderungan sama
dalam pemilihan atibut utama yang dapat memotivasi mereka dalam berbelanja,
yaitu harga.
Kata kunci: motivasi, karakteristik demografis | en_US |