Analisis Kualitas Pelayanan PT BRI, Tbk Cabang Sukoharjo terhadap Kepuasan Nasabah Ditinjau dari Dimensi Kualitas Jasa
Abstract
Dewasa ini perkembangan di berbagai sektor usaha sangat pesat, demikian
juga perkembangan di sektor perbankan. Berbagai cara diusahakan untuk menarik
perhatian nasabah terlebih pada kualitas pelayanan yang diberikan oleh setiap bank
yang akan mempengaruhi tingkat kepuasan setiap nasabah. Mengingat akan
pentingnya kualitas pelayanan yang akan diberikan oleh setiap bank dalam
mempengaruhi nasabahnya maka penulis melakukan penelitian dengan judul
Anilisis Kualitas Pelayanan PT BRI, Tbk Cabang Sukoharjo Terhadap Kepuasan
Nasabah Ditinjau Dari Dimensi Kualitas Jasa.
Untuk mendapatkan data-data yang diperlukan dalam penelitian ini, maka
peneliti mendapatkannya dengan cara survey dengan menggunakan instrument
kuesioner yang diperkuat dengan pernyataan studi pustaka dan alat analisis yang
digunakan adalah metode importance - performance analysis karena untuk
mengetahui antara kinerja karyawan dan harapan nasabah apakah sudah sesuai
dengan keinginan nasabah atau belum yang didukung dengan uji validitas dan
reliabilitas untuk memperkuat hasilnya.
Berdasarkan basil penelitian, maka didapat kesimpulan bahwa secara
keseluruhan kualitas pelayanan yang diberikan PT BRI, Tbk Cabang Sukoharjo
sudah dapat meningkatkan kepuasan konsumen, hal ini terlihat dari tabel 4.14 bahwa
kinerja BRI melebihi harapan setiap nasabah sehingga dapt dikatakan bahwa hasil
kinerja BRI sudah sesuai keinginan nasabah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa
dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari 5 dimensi yaitu Tangible, Reliability,
Responsiveness, Emphaty, dan Assurance mempengaruhi tingkat kepuasan nasabah
PT BRI, Tbk Cabang Sukoharjo yang hasilnya adalah konsumen (nasabah) merasa
puas dengan layanan PT BRI, Tbk Cabang Sukoharjo.
Collections
- Management [4548]