Penyusunan Strategi Pemasaran PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Majenang
Abstract
Sistem perbankan memberi pengaruh yang sangat besar terhadap
pertumbuhan perekonomiaan di Indonesia. PT. Bank Rakyat Indonesia (persero)
Tbk Cabang Majenang adalah bank yang memfokuskan kegiatannya pada sektor
mikro, usaha kecil dan menengah. Persaingan yang kompetitif membuat
perusahaan harus menyesuaikan strategi pemasarannya sesuai dengan
kondisi lingkungan.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan analisis SWOT yang
merupakan salah satu alat analisis dengan mengidentifikasi berbagai faktor secara
sistematis untuk merumuskan strategi pemasaran. Matrik SWOT memiliki empat
kuadran yang terbentuk setelah sumbu vertikal dan sumbu horizontal dibagi
kedalam dua bagian dengan titik pembagi yang telah ditentukan. Masing-masing
sel memiliki implikasi strategi yang berbeda-beda. Dalam penyusunan strategi
pemasaran, matrik SWOT melakukan dua analisis yaitu analisis variabel internal
untuk mengidentifikasi kekuatan (strengths) dan kelemahan (weakness); dan
analisis variabel eksternal untuk mengidentifikasi peluang (opportunities) dan
ancaman (threats).
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa PT. Bank Rakyat Indonesia
(persero) Tbk berada pada kuadran I yang merupakan sel agresif. Implikasi
strategi yang dapat digunakan oleh perusahaan yaitu strategi S-O (strength opportunities),
menciptakan strategi meraih peluang dengan kekuatan yang
dimiliki. Kekuatan internal yang dimiliki perusahaan diantaranya adalah: lokasi
bank yang strategis, jangkauan distribusi, pengembangan SDM, promosi, dan
tingkat suku bunga. Variabel eksternal yang menjadi peluang bagi perusahaan
diantaranya: persaingan suku bunga, fluktuasi nilai tukar rupiah, pertumbuhan
industri, produk pengganti, kekuatan pembeli, dan kekuatan pemasok.
Collections
- Management [4545]