Pengaruh Budaya Perusahaan terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada Sentra Pendidikan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Yogyakarta
Abstract
Lingkungan bisnis semakin menyadari bahwa sumber daya manusia
merupakan unsur dan aset perusahaan yang sangat penting. Berkarya dewasa ini
dikatikan dengan pengakuan harkat dan martabat manusia sebagai insan politik,
ekonomi, sosial dan sebagai individu yang khas. Perusahaan harus berupaya untuk
memuaskan berbagai kepentingan dan kebutuhan karyawan. Pemuasan berbagai
kepentingan dan kebutuhan tersebut mempunyai aspek-aspek yang sangat rumit
dan beraneka ragam. Semakin banyak aspek-aspek dalam pekerjaan yang dapat
memenuhi kebutuhan dan keinginan individu tersebut, semakin tinggi tingkat
kepuasan yang dirasakan, dan juga sebaliknya.
Menurut Robbins, kepuasan kerja karyawan akan tercapai bila ada
kecocokan antara kebutuhan individu dengan budaya perusahaan. Yang dimaksud
adalah budaya perusahaan yang dipegang dan dilakukan dalam kehidupan kerja
karyawan. Budaya seperti ini akan mempunyai dampak yang positif bagi
tercapainya kepuasan kerja karyawan dan peningkatan kinerja perusahaan.
Karakteristik budaya perusahaan diungkapkan melalui nilai-nilai utama
yaitu asas tujuan, asas konsensus, asas keunggulan, asas kesatuan, asas prestasi,
asas empirik, asas keakraban, asas integritas. Asas-asas budaya perusahaan
tersebut kemudian akan mempengaruhi kepuasan kerja karyawan.
Penulis memilih perusahaan Bank Rakyat Indonesia sebagai obyek
penelitian karena BRI adalah bank tertua di Indonesia dengan usia 110 tahun,
jaringan kantor unit hampir di setiap kecamatan di seluruh Indonesia, jumlah
karyawan sangat besar, dan mempunyai budaya kerja baku yang disosialisasikan
dengan baik kepada karyawannya.
Penelitian menggunakan metode analisis regresi linear berganda, uji
serentak atau uji F, dan uji t dengan jumlah sampel 33 responden. Hasil kuesioner
dan wawancara yang telah dilakukan penulis, diketahui bahwa ada pengaruh yang
positif dari delapan asas budaya perusahaan terhadap kepuasan kerja karyawan.
Hasil uji F menyatakan bahwa ada pengaruh budaya perusahaan yang positif dan
signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Secara bersama-sama variabel
budaya perusahaan mempunyai pengaruh terhadap kepuasan kerja sebesar 74,2%.
Hasil uji t menyatakan bahwa asas integritas memberikan pengaruh yang dominan
terhadap kepuasan kerja.
Collections
- Management [4548]