dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Total Quality
Service yang terdiri dari fokus pada pelanggan, keterkaitan total, sistem
pengukuran, dukungan sistematis, dan perbaikan berkesinambungan terhadap
kepuasan pelanggan pada Cakra Kembang Sport Centre Yogyakarta serta untuk
menganalisis aspek Total Quality Service yang paling berpengaruh terhadap
kepuasan pelanggan pada Cakra Kembang Sport Centre Yogyakarta. Variabel
dalam penelitian ini terdiri dari 6 (enam) yaitu variabel kepuasan pelanggan (Y),
fokus pada pelanggan (X1), keterkaitan total (X2), sistem pengukuran (X3),
dukungan sistematis (X4) dan perbaikan berkesinambungan (X5). Data dalam
penelitian ini diperoleh dari 100 orang anggota aktif klub kebugaran Cakra
Kembang Sport Centre Yogyakarta.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan akan dilakukan analisis
kualitatif dan analisis kuantitatif. Analisis kualitatif ini adalah analisis data yang
tidak menggunakan perhitungan atau angka-angka, sedangkan analisis kuantitatif
yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda serta uji F dan uji t.
Hasil penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
(1) Hasil pengujian secara serempak (uji F) menunjukkan bahwa total quality service
yang terdiri dari: fokus pada pelanggan, keterlibatan total, pengukuran,
dukungan sistematis dan perbaikan berkesinambungan secara serempak
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. (2) Hasil pengujian secara
parsial (uji t) menunjukkan bahwa total quality service (TQS) yang terdiri dari:
fokus pada pelanggan, keterlibatan total, pengukuran, dukungan sistematis dan
perbaikan berkesinambungan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap
kepuasan pelanggan. (3) Hasil uji koefisien beta menunjukkan bahwa perbaikan
berkesinambungan (dengan koefisien (3 sebesar 0,375) merupakan aspek Total
Quality Service yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada
Cakra Kembang Sport Centre Yogyakarta, kemudian diikuti oleh aspek
keterlibatan total (dengan koefisien P sebesar 0,265); aspek pengukuran (dengan
koefisien p sebesar 0,241); aspek dukungan sistematis (dengan koefisien P sebesar
0,184) dan terakhir aspek fokus pada pelanggan (dengan koefisien P sebesar
0,141). | en_US |