Show simple item record

dc.contributor.advisorDra. Uin Supratiwi, S.Pd.,
dc.contributor.authorNurul Afifah Ismayanti, 16614012
dc.date.accessioned2020-05-12T13:13:23Z
dc.date.available2020-05-12T13:13:23Z
dc.date.issued2019-12-27
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/20512
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Project Based Learning (PjBL) terhadap prestasi belajar peserta didik ranah pengetahuan dan motivasi belajar pada materi larutan penyangga. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kalasan dengan jumlah 5 kelas. Sampel penelitian diambil menjadi 2 kelas yang dimana terdiri dari kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eskperimen model Project Based Learning (PjBL). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini antara lain : (1) instrumen bentuk tes berupa soal pilihan ganda posttest ranah pengetahuan untuk menilai prestasi belajar peserta didik; (2) instrumen bentuk non-tes berupa angket pada motivasi belajar. Teknik perhitungan analisis data penelitian ini menggunakan statistik parametrik yaitu Independent Sample T-Test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap prestasi belajar ranah pengetahuan, (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran antara Problem Based Learning (PBL) dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap motivasi belajar peserta didik.en_US
dc.publisheruniversitas islam indonesiaen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)en_US
dc.subjectModel Pembelajaran Project Based Learning (PjBL)en_US
dc.subjectPrestasi Belajaren_US
dc.subjectMotivasi Belajaren_US
dc.subjectLarutan Penyanggaen_US
dc.titlePERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR KELAS XI SMA NEGERI 1 KALASAN PADA MATERI POKOK LARUTAN PENYANGGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record