PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR KELAS XI SMA NEGERI 1 KALASAN PADA MATERI POKOK LARUTAN PENYANGGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Project Based Learning (PjBL) terhadap prestasi belajar peserta didik ranah pengetahuan dan motivasi belajar pada materi larutan penyangga. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kalasan dengan jumlah 5 kelas. Sampel penelitian diambil menjadi 2 kelas yang dimana terdiri dari kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas
eskperimen model Project Based Learning (PjBL). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini antara lain : (1) instrumen bentuk tes berupa soal pilihan ganda posttest ranah
pengetahuan untuk menilai prestasi belajar peserta didik; (2) instrumen bentuk non-tes berupa angket pada motivasi belajar. Teknik perhitungan analisis data penelitian ini menggunakan statistik parametrik yaitu Independent Sample T-Test.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap prestasi belajar ranah pengetahuan, (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran antara Problem Based Learning (PBL) dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap motivasi belajar peserta didik.
Collections
- Chemistry [535]