PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN DENGAN METODE PERFORMANCE PRISM DANANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (Studi Kasus PT. Expertindo)
Abstract
Perkembangan industri sektor jasa beberapa tahun belakangan memunculkan persaingan
yang kompetitif antar perusahaan jasa. Oleh karena itu PT. Expertindo sebagai
perusahaan yang juga bergerak di bidang jasa training dan konsultan, menginginkan
pengukuran kinerja secara menyeluruh untuk mengetahui apakah perusahaan telah
mencapai strategi atau sasaran yang telah ditentukan.Untuk saat ini perusahaan baru
melakukan pengukuran kinerja pada aspek keuangan saja, pengukuran kinerja tersebut
belum dapat menggambarkan performansi perusahaan secara keseluruhan. Maka tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengukur kinerja PT. Expertindo dengan
mengindentifikasi lima perspektif prisma, yaitu strategi, proses, kapabilitas, kepuasan
dan kontribusi dari setiap stakeholder perusahaan menggunakan metode Performance
Prism. Dengan didukung oleh sistem pembobotan Analytical Hierarchy Process serta
scoring system dengan Objective Matrix dan Traffic Light System,kinerja perusahaan
mendapat nilai total indeks sebesar 8.98. Nilai ini masuk dalam kategori hijau yang
artinya secara keseluruhan PT. Expertindo telah mencapai performa yang diharapkan
dengan mencapai target realistis yang telah ditetapkan. Terdapat 10 KPIdari stakeholder
Investor, 8 KPI dari stakeholder Pelanggan, 9 KPI dari stakeholder Karyawan, 8 KPI
dari stakeholder Pemasok dan 8 KPI dari stakeholder Pemerintah dan Masyarakat.
Dimana dari 43 buah KPI tersebut terindentifikasi30 KPI dalam kategori hijau, 13 KPI
dalam kategori kuning dan tidak ada KPI dalam kategori merah.
Collections
- Industrial Engineering [2224]