dc.description.abstract | Pendidikan dalam keluarga bisa tercermin melalui pola asuh yang diterapkan oleh orang tua terutama dalam memotivasi belajar anak. Akan tetapi keterlibatan orang tua terhadap pendidikan anak hanya terfokus pada pemilihan sekolah-sekolah yang elit saja. Ketika anak sedang dalam proses pendidikan, orang tua kurang memiliki peran terhadap anak nya. Bahkan ada orang tua yang sama sekali tidak peduli dengan anaknya, dengan kata lain memperhatikan atau memberi perhatian anak sedang belajar dirumah atau membuat pekerjaan rumah. Sedangkan, pada diri setiap anak membutuhkan suatu dorongan untuk melakukan sesuatu atau biasa disebut dengan motivasi. Penelitian ini menggunakan Pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner. Subjek penelitian ini yaitu siswa MTsN 4 Sleman yang berjumlah 31 siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan analisis regresi linier sederhana pada SPSS versi 25.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa di MTsN 4 Sleman. Dibuktikan oleh nilai F hitung= 4,868 dengan tingkat signifikansi sebesar p= 0,035 < 0,05.Pengaruh pola asuh orang tua memiliki nilai sebesar 14,4 % terhadap motivasi belajar siswa. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa di MTsN 4 Sleman tergolong dalam kategori rendah. Karena dari 100% masih ada 85,6% yang mempengaruhi dari faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. | en_US |