Show simple item record

dc.contributor.advisorHoly Rafika Dhona, S.I.Kom., M.A.
dc.contributor.authorPurnama Hidayaturrahman, 15321191
dc.date.accessioned2020-02-28T07:40:56Z
dc.date.available2020-02-28T07:40:56Z
dc.date.issued2019-08-20
dc.identifier.urihttp://dspace.uii.ac.id/123456789/18513
dc.description.abstractIslamic Center merupakan ruang dimana kegiatan ummat Islam berlangsung. Islamic Center pertama dibangun di negara barat sebagai kebutuhan beribadah, bersilaturahmi, serta kegiatan religi lain yang di peruntukkan kepada minoritas muslim di sana. Kemudian Islamic center diadopsi di Indonesia dan difungsikan secara lebih beragam, salah satunya adalah Islamic Center Mataram yang menjadi objek dalam penelitian ini. Islamic Center Mataram sampai saat ini difungsikan bukan semata mata hanya untuk kegiatan religi, namun juga sebagai tempat wisata yang terbuka untuk umum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana Produksi ruang dilakukan di Islamic Center yang ditopang oleh mediasi sehingga mediasi tersebut mempengaruhi cara mereka membaca ruang tersebut (Audsiens Reading), Selain itu penelitian ini juga ingin membuktikan bahwa Islamic Center Mataram merupakan manifestasi dari ruang Pos- Islamisme terlepas dari beberapa kontroversi yang ditimbulkan. Rumusan maslah dalam penelitan ini adalah bagaimana Ruang Pos-Islamisme di Islamic Center Mataram terproduksi. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan paradigma kritis. Data dalam penelitian ini didapat melalui observasi dengan mendatangi Islamic Center, Studi literatur mengenai penelitian terkait Islamic Center, Pos-Islamisme dan literatur lainnya, serta melakukan wawancara dengan pedangan, pengunjung, juga pengelola, Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa Islamic Center Mataram dimediasi oleh pengelola dengan dua wacana yang paling menonjol yaitu ruang religi dan ruang wisata. Mediasi dilakukan melalui beberapa akun sosial media, website dan pamflet. Ruang Islamic Center dimanifestasikan sebagai ruang Pos-Islamisme karena mampu menyandingkan ideologi wisata dan religi sehingga kegiatan religi yang transenden bisa berdampingan dengan kegiatan bersenang senang yang terkomodifikasi.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectIslamic Centeren_US
dc.subjectMediasien_US
dc.subjectPos-Islamismeen_US
dc.subjectWisata Religien_US
dc.titlePOS-ISLAMISME DI PUSAT ISLAM Analisis Wacana Wisata Religi dan Mediasi Islamic Center Mataramen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record