ANALISIS PERENCANAAN KOMUNIKASI HUMAS KANTOR DITJEN PAJAK JAKARTA UTARA ( STUDI DESKRIPTIF DALAM MENSOSIALISASIKAN DAN MENINGKATKAN KEIKUTSERTAAN MASYARAKAT DALAM AMNESTI PAJAK PERIODE 2016 – 2017)
Abstract
Amnesti pajak merupakan program pengampunan pajak yang diberikan oleh
pemerintah kepada wajib pajak untuk meliputi penghapusan pajak yang seharusnya
terutang dengan cara melunasi seluruh tunggakan yang dimiliki dan membayar uang
tebusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan komunikasi yang
dilakukan oleh P2Humas Kanwil DJP Jakarta Utara dalam mensosialisasikan
program amnesti pajak serta faktor pendukung dalam mengimplementasikannya.
Studi deskriptif dalam mensosialisasikan dan meningkatkan keikutsertaan masyarakat
dalam amnesti pajak periode 2016-2017. Penelitian ini menggunakan metode
kualitatif, pengambilan data pada penelitian ini menggunakan menggunakan metode
wawancara.
Hasil penelitian menemukan P2Humas Kanwil DJP Jakarta Utara menetapkan
perencanaan komunikasi dalam program amnesti pajak dengan menentukan elemen
seperti perencanaan komunikator yang sudah ditentukan oleh DJP Pusat, perencanaan
pesan sama halnya yang sudah ditentukan oleh DJP Pusat, perencanaan media dan
perencanaan komunikan. Serta implementasi program seperti penyebaran SMS
Broadcast, acara kelas pajak dan tax gathering. Dan melalui media elektronik seperti
tv salah satunya DAAI TV, radio Sindo Trijaya, media sosial twitter dan website
resmi (www.kanwil.jakut.pajak.go.id atau www.pajak.go.id).
Collections
- Communication [943]