Pengaruh Persepsi Harga dan Kepercayaan terhadap Niat Beli Shopee dengan Dimediasi Nilai yang Dirasakan pada Mahasiswa di Yogyakarta
Abstract
Perkembangan yang semakin cepat dari teknologi informasi dan internet di Indonesia telah banyak memunculkan aktivitas usaha terkait dengan ekonomi digital, salah satunya adalah bisnis e-commerce. Semakin menjamurnya bisnis e-commerce ini membuat semakin ketatnya persaingan bisnis e-commerce di Indonesia. Hal ini membuat tantangan untuk dapat menguasai pasar e-commerce juga menjadi semakin berat. Persaingan ini membuat perusahaan dalam hal ini para e-commerce harus dapat merancang strategi yang efektif dalam mempengaruhi pelanggan secara menguntungkan pada tahap pra-pembelian.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi harga dan kepercayaan terhadap niat beli dengan dimediasi nilai yang dirasakan pada Shopee. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa di Yogyakarta yang pernah menggunakan Shopee. Data dalam penelitian ini adalah data primer dengan menggunakan kuesioner online kepada 250 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalah penelitian ini adalah dengan convenience sampling. Analisis yang dilakukan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dan diolah melalui program aplikasi AMOS versi 24.
Data variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari variabel persepsi harga, kepercayaan, nilai yang dirasakan, dan niat beli. Variabel-variabel ini membentuk lima hipotesis. Hasil dari analisis data menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan variabel persepsi harga terhadap nilai yang dirasakan, persepsi harga terhadap niat beli, kepercayaan terhadap nilai yang dirasakan, kepercayaan terhadap niat beli, dan nilai yang dirasakan terhadap niat beli. Dengan demikian, persepsi harga dan kepercayaan dapat mempengaruhi niat beli secara langsung dan mempengaruhi secara tidak langsung melalui variabel nilai yang dirasakan.
Collections
- Management [4565]