Show simple item record

dc.contributor.authorFifi Andri Setyawan, 00311195
dc.date.accessioned2020-02-19T02:43:44Z
dc.date.available2020-02-19T02:43:44Z
dc.date.issued2005
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/18224
dc.description.abstractKerajinan perak Kotagede sebagaimana bisnis lain sempat mengalami penurunan yang sangat besar seiring dengan krisis moneter yang melanda Indonesia ditambah lagi terjadinya pemboman yang melanda Indonesia akhir-akhir ini, terutama bom Bali, bom Marriot dan Kuningan. Sehingga arus wisatawan asing semakin lama semakin berkurang seiring berkurangnya kepercayaan mereka dengan keadaan keamanan di Indonesia. Dari berbagi macam persoalan yang dihadapi para pengrajin rersebut hanya pengrajin yang mempunyai strategi bisnis yang tepat yang dapat bertahan dan berkembang dalam menghadapi persaingan dan segala permasalahan yang dihadapi. Dengan adanya permasalahan tersebut maka penulis melakukan penelitian mengenai analisis strategi pertumbuhan pada salah satu industri kerajinan perak yang berhasil bertahan dan berkembang hingga sekarang, yaitu Ansor's Silver Kotagede Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui dimanakah posisi bisnis Ansor’s Silver Kotagede Jogjakarta saat ini. untuk mengetahui peluang dan ancaman yang dihadapi seberapa kekuatan dan kelemahan yang dimiliki kemudian mencari altematif strategi yang tepat untuk dapat diguakan. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah matrik 9 sel untuk mengetahui posisi bisnis Ansor's Silver dan analisis SWOT untuk mengetahui peluang dan ancaman yang dihadapi serta apa kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Dengan matrik 9 sel ditemukan posisi bisnis Ansor's Silver berada pada sel 5 dengan total nilai tertimbang faktor strategis eksternal sebesar 3,08 dan internal sebesar 3,58 dengan matrik SWOT ditemukan Variabel internal perusahaan kerajinan perak Ansor's Silver yang merupakan kekuatan adalah Loyalitas pelanggan, Citra Produk kualitas produksi, lokasi perusahaan, kebijakan harga, pelayanan terhadap konsumen saluran distribusi kondisi keuangan perusahaan, efektifitas organisasi kualitas sumber daya manusia, riset dan pengembangan desain produk. Sedangkan kelemahannya adalah pemasaran dan promosi dan pangsa pasar. Variabel eksternal perusahaan kerajinan perak Ansor's Silver yang merupakan peluang adalah daya beli konsumen, campur tangan pemerintah, perkembangan teknologi, pesaing yang potensial hambatan memasuki pasar, dan persaingan harga. Sedangkan ancamannya adalah ukuran pasar, pertumbuhan pasar, harga dan penyediaan bahan baku, kurs mata uang, kondisi keamanan, kondisi politik. Dengan menggabungkan analisis Matrik 9 sel dan matrik SWOT ditemukan alternatif grand strategi: Strategi pertumbuhan horizonta1 dengan cara perluasan pasar di pasar yang sudah ada, meningkatkan pemasaran dan promosi, memenangkan persaingan, perluasan saluran distribusi ke luar negeri. meningkatkan pemasaran dan promosi ke pasar baru. Strategi kedua adalah strategi stabilitas yaitu strategi laba dengan menggunakan kualitas produksi kebijakan harga, kondisi keuangan perusahaan untuk mengatasi harga bahan baku yang tinggi dan penyediaan bahan baku yang jauh, namun tetap mempertahankan harga jual.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectAnalisis Strategien_US
dc.subjectPertumbuhan Ansor's Silveren_US
dc.subjectKotagede Jogjakartaen_US
dc.titleAnalisis Strategi Pertumbuhan Ansor's Silver Kotagede Jogjakartaen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record