Analisis Strategi Pemasaran Perusahaan Kerajinan Kulit Seaga di Manding Bantul
Abstract
Yogyakarta tcrkenal dengan kota budaya sehingga terdapat banyak usaha kerajinan. Kerajinan kulit merupakan salah satu yang terkenal di daerah Manding Bantul. Daerah ini telah lama menjadi sentra industri rumah tangga kerajinan kulit yang berkualitas. Perusahaan Kerajinan Kulit Seaga merupakan salah satu kerajinan kulit terbesar di Manding. Perusahaan harus menetapkan strategi untuk dapat bertahan di lingkungan yang tidak menentu dan mampu menghadapi pesaingnya. Maka dari itu penulis mengambil judul Analisis Strategi Pemasaran Perusahaan Kerajinan Kulit Seaga di Manding Bantul.
Penelitian ini untuk mengetahui posisi pasar dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang terdapat pada perusahaan kerajinan kulit Seaga sehingga dapat ditemukan alternatif strategi bagi perusahaan. Dalam penelitian ini digunakan analisis deskriptif sebagai pelengkap dari analisis MDTI dan analisis SWOT.
Dalam analisis MDTI dilakukan identifikasi variabel internal dan eksternal untuk menentukan posisi pasar perusahaan. Matrik SWOT memberikan alternatif strategi secara lebih detail dan jelas bagi perusahaan.
Dari basil penelitian diperoleh nilai tertimbang variabel ekstemal 2,914 dan variabel internal 3,342 sehingga posisi pasar perusahaan pada sel selektif (medium) dalam MDTI,dengan implikasi strategi tumbuh berdasar segmen pasar, spesialisasi dan investasi selektif. Sedangkan dari analisis SWOT memberi alternatif strategi sebagai berikut: strategi SO, menggunakan kekuatan perusahaan untuk memanfaatkan peluang; strategi WO, memanfaatkart peluang dengan mengatasi kelemahan; strategi ST, perusahaan menggunakan kekuatan untuk mengatasi ancaman; strategi WT, meminimalkan kelemahan untuk menghindari ancaman.
Dari hasil analisis diperoleh grand strategy yaitu untuk tumbuh berdasar segmen pasar, perusahaan dapat fokus pada segmen tertentu dan meningkatkan promosi. Investasi selektif dengan tetap melakukan differensiasi dan defersifikasi produk. Spesialisasi dilakukan dengan peningkatan SDM agar dapat meningkatkan kualitas produk.
Collections
- Management [4703]