Analisis Strategi Bersaing Perusahaan Mebel CV. Duta Jepara
Abstract
Semakin banyaknya idustri yang twnbuh dan berkembang dewasa ini. semakin banyak pula perusahaan-perusahaan yang berdiri dalam industri tersebut baik perusahaan dagang maupun jasa akan memacu perkembangan usaha. Sangat wajar apabila perusahaan-perusahaan mengalami persaingan dalam memasarkan produk-produk yang dihasilkanrmya oleh karena konswnen bebas menentukan prioritas kebutuhan terhadap berbagai macam produk-produk yang ditawarkan banyak perusahaan Demikian pula yang terjadi pada industri mebel. Jumlah perusahaan penghasil mebel tersebut sangat banyak dan perusahaan-perusahanan itu mempunyai ciri-ciri yang berbeda-beda antara satu dengan yang laitu1ya dalarn penentuan harga kuailitas produk, Jen.is produk, sistem pemasaran, sistem pembayaran dan lain-lain. Atas dasar uraian di atas peneliti tertarik untuk meneliti masalah persaingan pernsahaan ini dalarn skripsi dengan judul .. Analisis Stategi Bersaing Perusahaan Mebel CV. Duta Jepara".
Metode analisis yang digunakan oleh penulis dalam melakukan penelitian ini adalah identifikasi variabel internal dan ekstemal perusahaan, strategi bersaing dari Poner, srrategi generik dan matriks pertumbuhan pangsa pasar.
Dari penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa saat ini wut usaha perusahaan mebel CV. Duta Jepara dikatakan berhasil karena tel ah mampu menguasai pangsa pasar yang relatif besar dibandingkan dengan pesaingnya. Walupun pada saat yang sama kondisi industri mebel di Jepara mengalami penurunan pertumbuhan pasar.
Saran ditujukan sebagai bahan pertimbangan tentang apasaja yang perlu dipertahankan atau diperbaiki oleh perusahaan mebel CV. Duta Jepara sehingga perusahaan mampu terus bersaing dalam industri mebel di Jepara.
Collections
- Management [4548]