Show simple item record

dc.contributor.authorSigit Purnomo, 99311412
dc.date.accessioned2020-02-03T08:56:03Z
dc.date.available2020-02-03T08:56:03Z
dc.date.issued2004
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/17874
dc.description.abstractPerusahaan Batik Ghofar Pekalongan adalah salah satu dari sekian banyak produsen batik di kota Pekalongan, Jawa Tengah. Dikarenakan banyaknya produsen batik di kota tersebut menyebabkan timbulnya persaingan serta berubahnya selera konsumen terhadap batik. Untuk mengantisipasi persaingan yang terjadi dan perubahan selera konsumen maka PT.Batik Ghofar perlu melaksanakan strategi pemasaran yang tepat agar dapat memenangkan persaingan. Penelitian diarahkan pada strategi yang diterapkan perusahaan selama ini, yang bertujuan untuk mengetahui kekuatan kelemahan, peluang serta ancaman yang dihadapi perusahaan yang kemudian digunakan untuk menentukan posisi bisnis perusahaan. Adapun manfaatnya adalah sebagai bahan evaluasi bagi perusahaan dalam menetapkan strategi pemasaran untuk masa yang akan datang. Oleh karena itu pihak manajemen PT. Batik Ghofar perlu memperhatikan perubahan yang terjadi dihngkungan bisnisnya yang merupakan faktor eksternal maupun faktor internal. Dari faktor eksternal akan timbul peluang (opportunity) dan ancaman (threal) sedangkan dari faktor internal akan diketahui kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness) yang semuanya akan sangat membantu dalam menentukan strategi pemasaran yang tepat. Dalam menggumpulkan data digunakan metode wawancara, daftar pertanyaan (kuisioner) Alat analisis yang digunakan untuk mengolah data yang diperoleh adalah analisis MDTI yang digunakan untuk menentukan posisi bisnis perusahaan dalam persamgan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi bisnis perusahaan berada pada bagian tinggi matriks MDTI ini berarti perusahaan Batik Ghofar memiliki peluang bisnis yang cukup prospektif untuk berkembang lebih lanjut sebagai perusahaan yang dapat meningkat karena keunggulan atau kekuatan yang dimilikinya. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa PT. Batik Ghofar memiliki kekuatan dan peluang yang besar. sedangkan kelemahan dan ancaman relatif rendah. Oleh karena itu strategi yang digunakan adalah menggunakan kekuatan dan peluang yang ternyata masih besar.sehingga kelemahan dan ancaman yang dihadapi dapat dirurup oleh kekuatan dan peluang yang dimiliki perusahaan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectStrategi Bersaingen_US
dc.subjectPT. Batik Ghofar Pekalonganen_US
dc.subjectMempertahankan dan Meningkatkan Pangsa Pasaren_US
dc.titleStrategi Bersaing PT. Batik Ghofar Pekalongan dalam Mempertahankan dan Meningkatkan Pangsa Pasaren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record