Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Junanah, MIS.
dc.contributor.authorRajibullah, 17913039
dc.date.accessioned2020-01-31T04:43:25Z
dc.date.available2020-01-31T04:43:25Z
dc.date.issued2019-10-20
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/17797
dc.description.abstractLatar belakang penelitian ini adalah bahwa pada kenyataannya bangsa Indonesia mengalami dekadensi moral, fenomena yang banyak terjadi sudah jauh dari nilai-nilai ajaran Al-Qur’an, oleh karena itu pemerintah mengembangkan program pendidikan karakter untuk mengantisipasi krisis moral yang lebih serius dengan mengacu pada pedoman pelaksanaan pendidikan karakter yang disusun oleh Kementrian Pendidikan Nasional. Oleh karena itu pengembangan pendidikan karakter yang sesuai dengan Al-Qur’an mutlak dilakukan, dalam surat Al-Isra’ ayat 23-38 melalui telaah tafsir al-Misbah. Adapun fokus penelitian ini (1) Bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam Q.S Al-isra’ ayat 23-38 (tela’ah tafsir al-Misbah)? (2) Bagaimana nilai-nilai Pendidikan Karakter yang terkandung dalam Q.S Al-isra’ ayat 23-38 Tela’ah Tafsir Al-Misbah Karya M. Quraish Shihab dan Relevansinya dengan Nilai-nilai Pendidikan Karakter Indonesia? Jenis penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), menggunakan pendekatan kualitatif, Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan dokumentasi dengan cara mengumpulkan literatur yang ada, Adapun metode atau teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan content analysis yaitu menelaah ayat-ayat yang berkaitan dengan pendidikan karakter, dan mengelompokkannya menjadi beberapa poin-poin penting. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1. nilai pendidikan karakter dalam Al-Qur’an surah Al-Isra’ ayat 23-38 dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter meliputi (1) nilai religius (2) nilai jujur (3) nilai disiplin (4) nilai demokratis (5) nilai kerja keras (6) nilai cinta damai (7) nilai peduli sosial (8) nilai tanggung jawab. 2. Terdapatnya relevansi atau hubungan antara nilai-nilai karakter dalam Q.S Al-Isra’ ayat 23-38 dengan nilai-nilai pendidikan karakter indonesia. Untuk penelitian lebih lanjut masih ada alternatif lain yang mungkin lebih baik dari apa yang telah disampaikan penulis dalam tesis ini, maka hal itu dapat dijadikan sebagai masukan atau tambahan agar tesis ini terus berkembang dan tidak berhenti sampai disini.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectNilaien_US
dc.subjectPendidikan Karakteren_US
dc.subjectTafsir Al-Misbahen_US
dc.titleNILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM Q.S AL-ISRA’ AYAT 23-38 TELAAH TAFSIR AL-MISBAH KARYA M. QURAISH SHIHAB DAN RELEVANSINYA DENGAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER INDONESIAen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record