dc.description.abstract | Pembelajaran Tahfidz di MTsN 4 Sleman hanya menggunakan metode
Talaqqi. Kurangnya variasi atau metode yang digunakan guru ini menyebabkan
siswa merasa jenuh dalam mengikuti proses pembalajaran. Metode Kauny
Quantum Memory bisa menjadi metode baru dalam menghafal Al-Qur’an, metode
Kauny Quantum Memory dapat menjadi alternatif bagi guru dalam melaksanakan
proses pembelajaaran yang menaik dikarenakan Metode Kauny Quantum Memory
termasuk dalam fun learning, sehingga membuat siswa tidak merasa jenuh dalam
menghafal Al-Qur’an.Melihat aktivitas yang terjadi di MTsn 4 Sleman yaitu kelas
VIII dalam pembelajaran Tahfidz guru hanya menggunakan metode Talaqi.
Sehingga membuat siswa jenuh dalam menghafal Al-Qur’an.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan
menggunakan tiga siklus, disetiap siklus mempunyai empat tahapan yaitu tahap
perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan atau observasi dan tahap
Refleksi. Objek yang menjadi sasaran dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII di
MTsN 4 Sleman. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan tes,
observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu mengumpulkan
data dari setiap siklus, kemudian menganalisa, menggolongkan dan menarik
kesimpulan.
Hasil Penelitian menyatakan bahwa Metode Kauny Quantum Memory
dalam meningkatkan menghafal Al-Qur’an kelas VII di MTsN 4 Sleman dapat
dinyatakan efektif. hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil hafalan
siswa dari siklus I ke Siklus II ke siklus III. Rata-rata hasil belajar siswa dari
siklus I,II dan III adalah sebesar 79,55 dan memiliki kategori Lancar serta hasil
belajar siswa terjadi peningkatan, yaitu siklus I ke siklus II 32% dan siklus II ke
siklus III 40%. | en_US |