Show simple item record

dc.contributor.advisorMoh. Mizan Habibi, S.Pd.I, M.Pd.I.
dc.contributor.authorGILANG ALVAYED, 15422095
dc.date.accessioned2020-01-29T07:29:19Z
dc.date.available2020-01-29T07:29:19Z
dc.date.issued2019-11-11
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/17652
dc.description.abstractPembelajaran Tahfidz di MTsN 4 Sleman hanya menggunakan metode Talaqqi. Kurangnya variasi atau metode yang digunakan guru ini menyebabkan siswa merasa jenuh dalam mengikuti proses pembalajaran. Metode Kauny Quantum Memory bisa menjadi metode baru dalam menghafal Al-Qur’an, metode Kauny Quantum Memory dapat menjadi alternatif bagi guru dalam melaksanakan proses pembelajaaran yang menaik dikarenakan Metode Kauny Quantum Memory termasuk dalam fun learning, sehingga membuat siswa tidak merasa jenuh dalam menghafal Al-Qur’an.Melihat aktivitas yang terjadi di MTsn 4 Sleman yaitu kelas VIII dalam pembelajaran Tahfidz guru hanya menggunakan metode Talaqi. Sehingga membuat siswa jenuh dalam menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan tiga siklus, disetiap siklus mempunyai empat tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan atau observasi dan tahap Refleksi. Objek yang menjadi sasaran dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII di MTsN 4 Sleman. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan tes, observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu mengumpulkan data dari setiap siklus, kemudian menganalisa, menggolongkan dan menarik kesimpulan. Hasil Penelitian menyatakan bahwa Metode Kauny Quantum Memory dalam meningkatkan menghafal Al-Qur’an kelas VII di MTsN 4 Sleman dapat dinyatakan efektif. hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil hafalan siswa dari siklus I ke Siklus II ke siklus III. Rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I,II dan III adalah sebesar 79,55 dan memiliki kategori Lancar serta hasil belajar siswa terjadi peningkatan, yaitu siklus I ke siklus II 32% dan siklus II ke siklus III 40%.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectMetode Kauny Quantum Memoryen_US
dc.subjectMenghafal Al-Qur’anen_US
dc.titleEFEKTIVITAS IMPLEMENTASI METODE KAUNY QUANTUM MEMORY DALAM MENINGKATKAN MENGHAFAL AL-QUR’AN KELAS VII DI MTSN 4 SLEMANen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record