Show simple item record

dc.contributor.advisorDra Hj. Sri Haningsih, M.Ag
dc.contributor.authorHanafi Eba Hadi, 15422063
dc.date.accessioned2020-01-29T07:19:58Z
dc.date.available2020-01-29T07:19:58Z
dc.date.issued2019-10-22
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/17649
dc.description.abstractDalam latar belakang penelitian ini adalah, bahwa dalam pembelajaran hendaknya terdapat komunikasi yang baik antara guru dan siswa, yang menekankan kepada keaktifan siswa dalam prosesnya. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat dan monoton. Pengunaan metode yang variatif dan sesuai tentunya juga akan mendorong keberhasilan proses pembelajaran yang dilakukan. Dalam kenyataannya masi ada guru yang mengabaikan hal ini, utamanya berkenan tentang pengunaan metode dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu perlu diadakannya penelitian mengenai kemampuan guru yang mengampuh mengajar pelajaran fiqih dalam mengadakan implementasi variasi metode pembelajaran di MTsN 3 Sleman. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah variasi metode apa yang digunakan dan bagaimana proses penerapan variasi metode mengajar yang dilakukan oleh guru dalam menyelenggarakan pembelajaran fiqih kelas VII di MTsN 3 Sleman. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai tolak ukur begi sekolah dan juga guru dalam melihat sejauh mana pelaksanaan dan keberhasilan penerapan variasi metode pembelajaran yang diselenggarakan. Pendekatan dalam Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan mengambil latar MTsN 3 Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan metode observasi, wawancara, dan didomentasi. Untuk mengecek keabsahan data yaitu dilakukan dengan mengadakan tringgulasi sumber, tringgulasi teknik, tringulasi waktu. Teknik analisis data yaitu, reduksi data, penyajian data, dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, 1) Dalam pelaksanaan pembelajaran fiqih kelas VII di MTsN 3 Sleman sudah mengunakan metode pembelajaran yang cukup bervariasi. Adapun bentuk variasi penggambungannya diantaranya: pertama, ceramah-tanya jawab-penugasan. Kedua, ceramah-diskusi-tanya jawab. Ketiga, ceramah-penugasan-tanya jawab. 2) Adapun penerapannya mulai dari perencanaan hingga pelakasanaan penggunaannya sudah cukup baik, namun dalam evaluasi masih sangat kurang.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectMetodeen_US
dc.subjectPembelajaranen_US
dc.titleIMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN FIQH KELAS VII DI MTs NEGERI 3 SLEMANen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record