IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN FIQH KELAS VII DI MTs NEGERI 3 SLEMAN
Abstract
Dalam latar belakang penelitian ini adalah, bahwa dalam pembelajaran
hendaknya terdapat komunikasi yang baik antara guru dan siswa, yang
menekankan kepada keaktifan siswa dalam prosesnya. Hal ini dapat dilakukan
dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat dan monoton. Pengunaan
metode yang variatif dan sesuai tentunya juga akan mendorong keberhasilan
proses pembelajaran yang dilakukan. Dalam kenyataannya masi ada guru yang
mengabaikan hal ini, utamanya berkenan tentang pengunaan metode dalam
proses pembelajaran. Oleh karena itu perlu diadakannya penelitian mengenai
kemampuan guru yang mengampuh mengajar pelajaran fiqih dalam mengadakan
implementasi variasi metode pembelajaran di MTsN 3 Sleman. Yang menjadi
permasalahan penelitian ini adalah variasi metode apa yang digunakan dan
bagaimana proses penerapan variasi metode mengajar yang dilakukan oleh guru
dalam menyelenggarakan pembelajaran fiqih kelas VII di MTsN 3 Sleman. Hasil
penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai tolak ukur begi sekolah dan
juga guru dalam melihat sejauh mana pelaksanaan dan keberhasilan penerapan
variasi metode pembelajaran yang diselenggarakan.
Pendekatan dalam Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif,
dengan mengambil latar MTsN 3 Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan
mengunakan metode observasi, wawancara, dan didomentasi. Untuk mengecek
keabsahan data yaitu dilakukan dengan mengadakan tringgulasi sumber,
tringgulasi teknik, tringulasi waktu. Teknik analisis data yaitu, reduksi data,
penyajian data, dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil
dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, 1) Dalam pelaksanaan pembelajaran
fiqih kelas VII di MTsN 3 Sleman sudah mengunakan metode pembelajaran yang
cukup bervariasi. Adapun bentuk variasi penggambungannya diantaranya:
pertama, ceramah-tanya jawab-penugasan. Kedua, ceramah-diskusi-tanya jawab.
Ketiga, ceramah-penugasan-tanya jawab. 2) Adapun penerapannya mulai dari
perencanaan hingga pelakasanaan penggunaannya sudah cukup baik, namun
dalam evaluasi masih sangat kurang.
Collections
- Islamic Education [862]