Analisis Strategi Bersaing pada Hotel Quality di Yogyakarta
Abstract
Analisis strategi bersaing yang dilakukan terhadap Hotel Quality Yogyakakarta, diperlukan untuk mengetahui apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan dalam lingkungan intemalnya, serta peluang dan ancaman dalam lingkungan ekstemalnya yang digunakan untuk menentukan posisi Hotel Quality Yogyakarta. Sehingga selanjutnya dari posisi tersebut dapat dirumuskan stratcgi bersaing yang tepat bagi Hotel Quality Yogyakarta agar dapat bertahan dan mengembangkan usahanya.
Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, kuesioner, dan studi pustaka. Analisis data penelitian menggunakan analisis SWOT yaitu analisis yang membandingkan antara faktor strategis perusahaan yang terdiri dari kekuatan, kelemahan. peluang, dan ancaman sehingga dapat diketahui posisi perusahaan. Setelah mengetahui posisi perusahaan maka dapat dirumuskan strategi barsaing yang memaksimalkan kekuatan dan peluangnya serta meminimalkan kelemahan dan ancamannya.
Setelah melakukan analisis SWOT, yang dilakukan secara kualitatif dengan menggunakan Matrik Faktor Strategi Internal (IFAS) dan Matrik Faktor Strategi Ekstemal (EFAS) dapat disimpulkan bahwa posisi Hotel Quality Yogyakarta terletak pada kuadran I dan strategi bersaing yang sebaiknya diterapkan adalah dengan cara strategi agresif yaitu memaksirnalkan kekuatan (yang terdiri dari pengenalan nama, pelayanan, pengalaman di bisnis ini, lokasi, kualitas karyawan , penyediaan fasilitas, pemasaran dan promosi) dan memanfaatkan peluang (daya beli konsumen, pertumbuhan pasar, perubahan selera konsumen, struktur persaingan. perkembangan teknologi, ukuran pasar, pasar terbuka bebas) serta meminimalkan kelemahan (segmentasi pasar. tarif kamar) dan ancaman (kebijakan pemerintahan, persaingan harga).
Collections
- Management [4548]