Analisis Pengaruh MS-QUAL Terhadap Kualitas Layanan (service) produk fisik dan produk virtual pada E-commerce Bukalapak di Daerah Yogyakarta
Abstract
Pasar online atau marketplace saat ini menjadi komoditas utama bagi pelaku
industri kreatif yang memanfaatkan media internet dan teknologi sebagai bahan utama
dalam menjalin kelangsungan hidupnya. Maraknya marketplace di era industri 4.0
menjadikan harusnya sebuah e-commerce memiliki keunggulan kualitas yang
kompetitif serta mampu menjadi kunci pembeda dari e-commerce lain. Mobile app kini
menjadi minat utama konsumen untuk berbelanja dalam penggunaan e-commerce.
Penelitian kali ini ditunjukkan untuk menganalisis Pengaruh MS-Qual Terhadap
Kualitas Layanan (service) pada pengguna e-commerce Bukalapak. Variabel Mobile
service quality yang digunakan dalam penelitian kali ini adalah Efisiensi, Ketersediaan
Sistem, Konten, Privasi, Pemenuhan, Responsivitas, Kompensasi, dan Pembayaran.
Penelitian ini menggunakan responden sebanyak 135 orang yang pernah menggunakan
dan berbtransaksi di aplikasi Bukalapak. Penelitian ini mengunakan analisis linier
berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keseluruhan variabel MS-Qual
mempengaruhi secara signifikan terhadap Kualitas layanan produk fisik dan produk
virtual Bukalapak, namun secara pasrial terdapat dua variabel yang tidak berpengaruh
secara parsial yakni variabel system avaibility dan privacy. Hasil penelitian ini dapat
dijadikan untuk dasar pengambilan keputusan Bukalapak untuk mengelola kualitas
layanan di waktu mendatang.
Collections
- Economics [2138]