Show simple item record

dc.contributor.authorRr. Amalia Noviana, 00311074
dc.date.accessioned2020-01-20T03:56:14Z
dc.date.available2020-01-20T03:56:14Z
dc.date.issued2004
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/17182
dc.description.abstractIndustri pariwisata merupakan arena bisnis yang sangat potensial dan menjadi andalan untuk dikembangkan di Indonesia khususnya Yogyakarta. Objek wisata sebagai motor penggerak utama industri pariwisata harus memperoleh perhatian besar. Agrowisata Salak Pondoh yang merupakan objek wisata berbasis alam yang berkaitan dengan pendidikan dan pemahaman alam sudah selayaknya rnenjadi prioritas perhatian seiring bergesernya minat wisatawan dari bentuk wisata rekreasional ke bentuk wisata minat khusus dan spesifik. Agrowisata Salak Pondoh harus dapat menangkap peluang tersebut dengan menumbuhkembangkan program-program usahanya agar dapat mencapai tujuan. Oleh karena itu diperlukan adanya pemahaman terhadap misi dan tujuan, nilai inti dan budaya, lingkungan internal berupa faktor strategis sebagai kekuatan (Strenghts) dan kelemahan (Weaknesses) serta lingkungan ekstemal berupa faktor strategis yang terdiri dari peluang (Opportunities) dan ancaman (Threaths) yang digunakan menentukan posisi bisnis perusahaan, untuk selanjutnya menciptakan suatu strategi pertumbuhan yang memampukan perusahaan dalam mencapai keunggulan kompetitif yang langka dan berkelanjutan sehingga menghasilkan laba Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara. pengamatan, kuesioner dan studi pustaka. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Matrik 9 Sel sebagai penentu posisi bisnis serta menggunakan Matrik SWOT untuk melakukan analisis terhadap faktor strategis perusahaan yang terdiri dari kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman sehingga dapat dirumuskan strategi altematif yang lebih detail dan jelas yang didasarkan pada logika yang dapat _memaksimalkan kekuatan dan peluang namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan dan ancaman. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif yang dalam proses selanjutnya akan saling berhubungan dan dapat berlaku sebaliknya. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa posisi bisnis Agrowisata Salak Pondoh berada pada sel pertumbuhan yang memberikan altematif strategi dengan berkonsentrasi pada industri yang sekarang melalui integrasi horizontal. Perusahaan berada dalam industri yang cukup menarik tetapi posisi kompetitifnya hanya rata-rata. Sekalipun tidak menjanjikan perkembangan yang luar biasa, Agrowisata Salak Pondoh memiliki peluang untuk berkembang, k.hususnya apabila dilihat dari kemungkinan peningkatan kekuatan yang dimiliki. Perusahaan dalam posisi ini dapat memperkokoh dan memperkuat kehadirannya di dalam industri yang ada dengan menopang kelemahan-kelemahannya.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectAnalisis Strategi Pertumbuhanen_US
dc.subjectAgrowisata Salak Pondoh Sleman Yogyakartaen_US
dc.titleAnalisis Strategi Pertumbuhan Agrowisata Salak Pondoh, Sleman, Yogyakartaen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record