Analisis Sikap Konsumen terhadap Atribut Sepeda Motor Yamaha Jupiter Z di Kotamadya Magelang
Abstract
PT Yamaha Motor Indonesia sebagai salah satu produsen sepeda motor terbesar di Indonesia. dalam mengetahui pengaruh atribut-atribut produk sepeda motor Yamaha khususnya merek Jupiter z. terhadap sikap dan karakteristik konsumen di Kotamadya Magelang sebagai salah satu cara untuk bersaing dengan produsen sepeda motor lainnya. Atribut-atribut yang dijadikan acuan dalam penelitian ini adalah atribut harga. kualitas, desain motor, pelayanan dan promosi.
Dalam penelitian ini analisis didasarkan pada hasil jawabankuesioner yang dibagikan kepada 50 orang responden Jupiter Z. lsi dari kuesioner mengenai pertanyaan tentang karakteristik demografis dan perilaku konsumen serta aspek mengenai kepercayaan/keyakinan dan evaluasi konsumen, kemudian basil jawaban kuesioner konsumen dianalisis dideskripsikan lewat tabel deskriptif dan diformulasikan dengan analisis fishbein. Cara kerja analisis fishbein yaitu dengan mengevaluasi terhadap perangkat kepercayaan mengenai atribut-atribut yang ditawarkan oleh sepeda motor Jupiter Z dengan memberi bobot berdasarkan sikap konsumen.
Dari basil analisis diketahui bahwa nilai indeks sikap konsumen sepeda motor Jupiter Z di Kotamadya Magelang adalah sebesar 3,986 yang berarti bahwa konsumen sepeda motor Jupiter Z di Kotamadya Magelang memberi penilaian baik, dengan persepsi sikap konsumen yang bervariasi.
Dalam penelitian ini diketahui bahwa produk sepeda motor Jupiter Z produksi PT Yamaha Motor Indonesia diterima dengan baik oleh konsumen di Kotamadya Magelang. Secara garis besar penelitian ini dimaksudkan bukan kesimpulan tentang sikap konsumen sepeda motor Jupiter Z secara umum, karena hanya merupakan penelitian dasar yang masih perlu tindakan lebih lanjut.
Collections
- Management [4541]